Pesawat Tempur TNI Angkatan Udara, Bombardir Pertahanan Musuh di Bumi Lumajang

  • Whatsapp

 

Tajukutama.com, MAKASSAR –Kabupaten Lumajang menjadi ladang pertempuran TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Bacaan Lainnya

Dalam medan perang, sejumlah pesawat tempur melakukan aksi pengeboman ke daerah pertanahan lawan. Tak butuh waktu lama, TNI AU berhasil merebut daerah kekuasaan musuh dan kembali ke pangkuan NKRI, Selasa (29/9/2020).

Aksi tersebut terjadi di Air Weapon Range (AWR), Desa Pandanwangi Kabupaten Lumajang, dalam latihan Manuver Lapangan Sikatan Daya Koops AU tahun 2020. Puluhan pesawat tempur bermanuver indah di langit Kabupaten Lumajang.

Latihan dihadiri langsung, oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE., MPP ini, yang didampingi oleh Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., dan beberapa pejabat TNI AU lainnya.

Manuver Lapangan Sikatan Daya Koopsau II tahun 2020, bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel jajaran Koopsau II dengan segala aspek pendukungnya.

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE., MPP mengatakan, latihan tersebut dilakukan rutin setiap tahun. Bukan berarti materi latihan yang digunakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi ada modifikasi di beberapa bagian, seperti penambahan tantangan pada kegiatan malam hari.

“Kami terus berimprovisasi dan mengevaluasi setiap tahunnya. Dan latihan kali ini terlaksana dengan aman,” ujarnya saat diwawancarai sejumlah media.

Ke depan dia menambahkan, akan ada beberapa rancangan kegiatan yang sama dengan materi yang berbeda. Semua itu dilakukan untuk mengasah kemampuan tempur prajurit Angkatan Udara.

“Tahum depan sudah kami agendakan dan menunggu keputusan dari Menteri Pertahanan,” ucapnya.

Hadir juga pada latihan Manuver Lapangan Sikatan Daya 2020 Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati. Dalam kesempatan tersebut, mereka bersama sama menyaksikan aksi manuver pesawat tempur milik TNI AU.

Aksi pesawat tempur yang dilakukan diantaranya, operasi udara serangan strategis, operasi udara lawan udara, operasi udara lawan darat.

Air Show Sikatan Daya 2020 kali ini melibatkan ratusan personel dengan beberapa alusista pesawat tempur jajaran Koopsau II meliputi, delapan Pesawat Tucano EMB-314, satu Pesawat C ( Cassa) 212, lima Pesawat Hercules -130, tiga Pesawat Heli SA-330/NAS -332/EC-120 B, satu Pesawat KC-130, empat Pesawat T.50 Golden Eagle, delapan Pesawat F-16, enam Pesawat Sukhoi 27/30, empat Pesawat Sukhoi 27/30, dan Pesawat Boim 737.

Sesuai jadwal, latihan Manuver Lapangan Sikatan Daya Koops AU Tahun 2020 akan dilanjutkan pada Rabu (30/9/2020) pukul 19.00 WIB, dengan agenda manuver Lapangan malam hari.

Sikatan Daya Koopsau II tahun 2020, mendapatkan apresiasi dan antusias masyarakat. Mereka berbondong-bondong menyaksikan aksi pesawat tempur milik TNI AU tersebut.

banner 640x70

banner 640x70

Pos terkait