Wakil Bupati Soppeng Buka Rakorda Pendataan Awal REGSOSEK

ads

 

Tajukutama.com, Soppeng — Biro Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Soppeng menggelar

ads

 

Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, M.P., membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kab. Soppeng Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) Tahun 2022 di Triple 8 The Riverside Resort, Jl. Lompo, Kel. Lemba, Kec. Lalabata, Rabu, 21 September 2022.

 

Rakorda yang mengusung tema, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat tersebut diselenggarakan Biro Pusat Statistik Kab. Soppeng.

 

Kepala BPS Soppeng, Muhlis, S.E , M.Si , dalam sambutannya mengatakan, mencermati pidato kenegaraan pada tanggal 16 Agustus 2022 lalu, Presiden RI dengan tegas menjelaskan perlunya pendataan awal registrasi sosial ekonomi sebagai upaya pemerintah dalam menyediakan basis data perlindungan sosial yang lebih baik di tengah kondisi global yang penuh dengan ketidakpastian karena terjadinya pandemi, perubahan iklim dan paparan teknologi informasi yang berdampak pada krisis pangan, energi, politik dan ketegangan kawasan.

 

Dengan demikian, lanjut Kepala BPS Soppeng ini dalam sambutannya, perlu para kepala desa/lurah untuk menyiapkan data REGSOSEK yang merupakan basis data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

 

Sehingga dengan data REGSOSEK, lanjutnya, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat merencanakan berbagai program perlindungan sosial sebagai gambaran dari dampak yang ditimbulkan dari ketidakpastian kondisi global saat ini. Dengan desakan tersebut, pemerintah memutuskan untuk melakukan pengumpulan data REGSOSEK pada tahun ini.

 

“Kita menyadari adanya berbagai resiko dalam pengumpulan data REGSOSEK dengan berbagai keterbatasan,” akunya.

 

Karenanya, kata Kepala BPS ini, penugasan ini harus menjadi tanggungjawab dan kita pikul bersama dengan menjalin kolaborasi dan mendukung kesuksesan pelaksanaan awal Regsosek di Kab. Soppeng.

 

Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, M.P., dalam sambutannya menyampaikan, kalau pelaksanaan pendataan awal REGSOSEK merupakan buah dari perjuangan panjang dalam menyiapkan data terpadu untuk program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

 

Data REGSOSEK, kata Wakil Bupati, nantinya menjadi data tunggal dan akan digunakan semua kementerian dan lembaga juga oleh pemerintah daerah.

 

Dikatakan, data sangat penting karena dengan mengetahui data, nanti pada saat pengambilan keputusan kita bisa lakukan bersama-sama.

 

Karenanya, Wakil Bupati berharap kepada para kepala desa/lurah sebagai ujung tombak pemerintahan, mendahulukan sosialisasi kepada masyarakat.

 

“Mari kita dahulukan sosialisasi kepada masyarakat,” ajaknya

 

Dicontohkan, kini di Kab. Soppeng sudah ada pencanangan Desa Cantik (Cinta Statistik) sehingga apapun yang ada di daerah kita sudah tercatat apalagi dengan adanya kemajuan teknologi.

 

Dijelaskan, REGSOSEK adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial. Informasi yang komprehensif dari data REGSOSEK akan menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah.

 

Dengan demikian, kata Wakil Bupati mengakhiri sambutannya, akan membantu pemerintah dalam meningkatkan ketepatan program dalam menyasar penduduk rentan, miskin, dan miskin ekstrem, khususnya dalam perlindungan sosial serta tanggap darurat kebencanaan.

 

Acara dilanjutkan penandatanganan Dukungan REGSOSEK yang diawali dengan Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Sekretaris Daerah, para Kepala SKPD, para Camat, para kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng

 

Penyelenggara kegiatan ini menampilkan Narasumber, Sekretaris Daerah Kab. Soppeng, Drs. H. Andi Tenri Sessu, M.Si., Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kab Soppeng, Andi Agus Nongki, S.IP., M.Si., Kepala BPS Kab. Soppeng, Muhlis, S.E, M.Si dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Soppeng, Drs. A. Fithratuddin, M.Si., bertindak selaku Moderator. (diskominfo/usa)

 

 

ads

Comment