Posbakum Pranaja Palopo Gelar Pelatihan Paralegal Angkatan 1 di Makassar

ads

Makassar,Tajukutama.com-Posbakum Pranaja Palopo Sulawesi Selatan, adakan kegiatan pendidikan pelatihan paralegal, peserta yang mengikuti pelatihan paralegal sebanyak 35 orang. Sabtu (10/9/22). Di hotel Three Makassar jalan Pandan Raya. Kelurahan Panakkukang.

Pendidikan dan Pelatihan Paralegal yang berlangsungĀ  di hadiri Oleh Wakil dari Kantor Kanwil Kemenkum HAM Wil. IX Sulawesi Selatan, yaitu Bapak Pugu SH.MH dan Bapak Johanes Tani, SH.MH, dan sekaligus sebagai Pemateri/Narasumber dalam Pendidikan dan Pelatihan Paralegal Posbakum Pranaja Palopo.

ads

Terpisah dalam sambutannya Direktur/Ketua Posbakum Pranaja Palopo Rusdi,SHl. C.PSP.C.PRW lewat aplikasi ZOOM mengatakan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Paralegal ini merupakan upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bagi masyarakat dalam penyelesaian masalah hukum, sebagaimana kita ketahui bahwa fungsi paralegal diatur dalam Pasal 16 PP Nomor 42 Tahun 2013 tentang Syarat dan Tata Cara Bantuan Hukum.

peserta paralegal yang ikut pelatihan selama dua hari. Mulai Tanggal 10 September sampai Minggu. Tanggal. 11/9/2022. diberikan materi-materi pendamping dan penerapan hukum. Advokasi masyarakat miskin secara cuma-cuma, yang berkeadilan.

Dimana kader-kader Posbakum Pranaja Sulsel melahirkan paralegal yang berkualitas, dapat memberikan bantuan hukum kepada masyarakat, yang berkeadilan, yang mana sudah diatur dalam undang-undang No.16 Tahun 2011.dan undang-undang No. 18 Tahun 2013 tentang advokat.

Adapun materi yang diberikan kepada para peserta paralegal.
1. Keparalegalan/ Peran Paralegal dalam kegiatan bantuan hukum
2. Selayang pandang dunia Advokat di Indonesia.
3. Hukum perdata dan simulasi penanganan kasus.
4. Mapping kasus, dan kelompok rentan.
5. Pandangan hukum dan penerapan Undang-undang No.16 Tahun 2011 Tentang bantuan hukum serta undang-undang No. 18 Tahun 2013 Tentang advokat.
6. Pengantar hukum dan demokrasi.
7. Prosedur hukum dalam system’ Peradilan di Indonesia.
8. Evaluasi

Lanjut perwakilan dari kantor Kemenkum HAM, lekatkan kalung Posbakum Pranaja Sulsel, dan pembacaan Surat keputusan (SK) atas terbentuknya DPC Posbakum Pranaja kabupaten Gowa, dan kabupaten Takalar. (AR)

 

ads

Comment