Warisi Jiwa Kesatria dan Rasa Penghormatan, Mayjen Totok Ziarah ke Makam Para Pahlawan Nasional Sebelum Memasuki Kantor Pada Awal Dinasnya di Kodam XIV Hasanuddin

ads

Tajukutama, Makassar – Sebagai wujud rasa penghormatan pada jasa pejuang pendahulu bangsa, di hari pertama dinas di Kodam XIV/Hasanuddin dan sebelum memasuki kantor, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han)., didampingi Ketua Persit KCK PD XIV Hasanuddin Ny. Desi Totok Imam, melakukan ziarah ke makam para Tokoh Pahlawan Nasional dan Ulama besar di wilayah Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Selasa (6/09/2022).

Para Tokoh Pahlawan dan Ulama yang di ziarahi yakni makam Pangeran Diponegoro, makam Sultan Hasanuddin, makam Ulama besar Syech Yusuf, makam R. Wolter Monginsidi dan makam Tokoh Nasional Jenderal M. Yusuf.

ads

Pangdam Hasanuddin bersama rombongan memulai ziarahnya di makam Pangeran Diponegoro tepatnya di Jl. Diponegoro Kota Makassar. Sesampai di makam, Mayjen Totok disambut oleh juru kunci makam yakni Raden Hamzah yang merupakan generasi ke 5 turunan Pangeran Diponegoro, sekaligus menjelaskan secara singkat tentang makam Pangeran Diponegoro.

Setelah tabur bunga dan ziarah di makam pejuang Pahlawan Nasional ini, selanjutnya menuju makam Sultan Hasanuddin dan makam Ulama besar Syech Yusuf di Kabupaten Gowa.

Kedatangan Pangdam Hasanuddin beserta rombongan di Kabupaten Gowa, tepatnya di Kompleks Makam Sultan Hasanuddin disambut langsung oleh Bupati Gowa Dr. Adnan Purichta IYL, S.H., M.H., bersama Dandim 1409/Gowa Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir, S.I.P., serta unsur Forkopimda Kabupaten Gowa.

Sebelum melakukan ziarah Pangdam bersama rombongan menerima penjelasan dari juru kunci makam Sultan Hasanuddin, sekaligus menjelaskan secara singkat tentang perjuangan Sultan Hasanuddin melawan penjajah Belanda.

Pada kesempatan ini Mayjen Totok dalam sambutannya menerangkan mengenai Slogan Kodam XIV/Hasanuddin yakni 6K DI HATI KITA (Karakter, Kapabel, Kontemporer, Kompak, Kesemestaan dan Kerakyatan), yang merupakan visi dan misi dalam menjalankan tugas sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin ke depan.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini mengatakan bahwa ziarah yang dilakukan memberikan makna tersendiri. Selain mengenal dan mengenang jasa pahlawan juga menumbuhkan semangat juang dalam diri, untuk terus memberikan yang terbaik dalam amanah dan pengabdian bagi bangsa dan negara.

Pangdam pun mengajak kepada seluruh prajurit Kodam XIV/Hasanuddin untuk mewarisi nilai-nilai semangat kejuangan yang dimiliki oleh Almarhum para Pahlawan.

“Saya menghimbau kepada seluruh prajurit jajaran Kodam XIV/Hasanuddin untuk mewarisi nilai-nilai semangat kejuangan, karakter dan jiwa kesatria Almarhum untuk menjadi platform kita dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada negara dan bangsa yang kita cintai bersama,” Ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Gowa Dr. Adnan menyampaikan keyakinannya bahwa Mayjen Totok beserta seluruh jajaran dapat sukses dalam mengemban amanah selama menjadi Panglima Kodam XIV/Hasanuddin dan juga siap untuk berkolaborasi, bekerjasama dengan Kodam XIV/Hasanuddin.

Usai ziarah di makam Sultan Hasanuddin Jenderal bintang dua ini melanjutkan ziarah menuju makam Ulama besar Syech Yusuf di Jl. Syech Yusuf Kabupaten Gowa. Tiba di makam, Pangdam disambut oleh juru kunci makam, dilanjutkan tabur bunga.

Selanjutnya mantan Danpussenarmed ini menuju makam R. Wolter Monginsidi di TMP Makassar dan terakhir ditutup ziarah ke makam Tokoh Nasional Jenderal M. Yusuf di Jl. Urip Sumoharjo Kota Makassar dengan melakukan tabur bunga dan berdoa semoga Almarhum diampuni dosa-dosanya, diterima amal ibadahnya dan dijauhkan dari siksa kubur dan siksa api neraka.

Turut hadir mendampingi Pangdam yakni, Kapoksahli Brigjen TNI Yusran Yunus, para Pamen Ahli, para Asisten dan para Kabalakdam XIV/Hasanuddin serta Pengurus Persit KCK PD XIV Hasanuddin.

ads

Comment