Hadiri HUT Ke-19 PPAD, Pangdam Hasanuddin : Old Soldiers Never Die They Just Fade Away

ads

Tajukutama, Pinrang – “Selamat ulang tahun dan selamat berbahagia kepada segenap warga PPAD Provinsi Sulawesi Selatan”. Demikian ucapan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., disaat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun PPAD ke-19 Tahun 2022, bertempat di The M Hotel Jl. Jenderal Sudirman, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang. Sabtu (20/08/2022).

ads

Dalam sambutan Jenderal bintang dua ini mengharapkan agar peringatan ulang tahun PPAD di tahun ini dapat dijadikan momentum untuk melakukan introspeksi dan evaluasi, sekaligus bertekad untuk menjadikan hari esok menjadi lebih baik dan lebih maju.

“Merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya, karena diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan pada acara peringatan hari ulang tahun kali ini. Saya yakin bahwa para anggota PPAD yang berkumpul saat ini senantiasa dipenuhi kerinduan yang berbaur dengan kebanggaan,” Bebernya.

“Peringatan Hari Ulang Tahun seperti ini, memiliki makna religius yang sangat tinggi, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang senantiasa memberikan kekuatan dan kemampuan sehingga walaupun sudah purna tugas, namun semangat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara masih tetap terpatri di dalam hati sanubari, karena sudah menjadi komitmen kita bersama, bahwa TNI AD tidak mengenal batas pengabdian,” Tutur Pangdam.

“Saya kembali mengingatkan Motto Douglas MacArthur yaitu : Old Soldiers never die, They Just Frade Away. Artinya : Prajurit tua tidak pernah mati, mereka hanya memudar,” Tandasnya.

“Motto ini memberi makna bahwa semangat perjuangan pensiunan TNI (para Purnawirawan) tidak akan pernah lekang oleh waktu dan tidak akan pupus oleh gerak perubahan zaman. Walaupun sudah tidak berdinas secara resmi di TNI AD, tapi semangat pengabdian pada nusa dan bangsa tidak akan pernah luntur, dalam artian bahwa akan selalu ikut andil untuk ambil bagian selama hayat masih di kandung badan dalam konteks pengabdian kepada bangsa dan negara,” Sambungnya.

“Bagi suatu organisasi, usia 19 tahun adalah usia yang cukup matang, sehingga eksistensi PPAD khususnya di Sulawesi Selatan ini dapat lebih konsisten dalam memberikan sumbangsih konstruktif bagi kemajuan bangsa dan negara.

Konsistensi itulah yang sesungguhnya diajarkan oleh para pendahulu kita dan yang dilakukan oleh para sesepuh, sehingga PPAD menjadi organisasi yang tumbuh dan berkembang secara modern seperti sekarang ini,” Jelasnya.

“Kita sebagai penerus cita-cita dan perjuangan, patut mengenang jasa dan pengorbanan yang telah dipersembahkan dengan tulus dan ikhlas oleh para pendahulu kita, seraya mendoakan dan bertekad untuk melanjutkan cita-cita dan pengabdiannya,” Ajaknya.

Di akhir sambutannya orang nomor satu di Kodam Hasanuddin berharap dengan semakin bertambahnya usia PPAD, akan lebih berperan pula dalam mendorong terciptanya kondisi bangsa yang kondusif bagi kelangsungan pembangunan nasional. Menurutnya jika semua komponen bangsa memiliki sikap serta perilaku bela negara yang tinggi, kemauan untuk berprestasi dan berkompetisi, bekerja keras, pantang menyerah serta rela berkorban, maka hal tersebut tentunya akan menciptakan NKRI yang aman, sejahtera, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Agar anggota PPAD tetap konsisten dan proaktif dalam upaya menyukseskan program-program pembangunan, secara utuh dan menyeluruh serta berupaya menjamin terselenggaranya agenda nasional sesuai dengan waktu dan sasaran yang direncanakan, sebagaimana yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi.

Jika hal tersebut dapat diwujudkan, maka eksistensi para Purnawirawan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara senantiasa mendapatkan apresiasi dan simpati dari setiap komponen masyarakat. Kondisi yang demikian, tentunya akan mendukung pula citra TNI Angkatan Darat,” Tutupnya.

Turut hadir, Ketua PPAD Prov. Sulsel Brigjen (Purn) Andi Baso Amirullah, Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H., Kababinmivetcaddam Letkol Inf Agussalim, S.H., Waaster Letkol Arh Muh. Suaib, S.Pd., M.Tr (Han)., Bupati Pinrang H. A. Irwan Hamid, S.Sos., Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf Aris Barunawan, S.I.P., M.Si., dan Kajari Pinrang Agus Khairuddin, S.H., M.H.

ads

Comment