Heboh! Tapak Suci Cabang Maccini Sombala dan Parang Tambung Guncang Panggung Pesta Rakyat

ads

Tajukutama, Makassar – Puncak rangkaian Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia dalam balutan Pesta Rakyat pada Kamis, 18 Agustus 2022 berlangsung meriah.

Antusiasme masyarakat yang datang sudah mulai terlihat pada sore hari menjelang waktu Maghrib memadati lorong Budaya Kelurahan Parang Tambung, untuk menyaksikan pesta rakyat, bahkan hingga mengakibatkan beberapa ruas jalanan disekitar lokasi acara tersendat.

ads

Setelah prosesi pembukaan berlangsung, Pentas Seni Rakyat menampilkan tarian-tarian tradisional wakil dari Kelurahan Parang Tambung.

Selanjutnya penampilan berikutnya adalah atraksi jurus Pencak Silat dari Perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang mewakili Kelurahan Maccini Sombala.

 

Berjumlah 12 orang mengenakan kostum seragam Pencak Silat Tapak Suci ditambahkan dengan aksesoris lainnya dan langsung menampilkan kebolehannya hingga membuat para penonton terbelalak dan terkesima dengan gerakan-gerakan jurus pencak silat.

 

Indahnya gerakan pencak silat yang dipadukan antar gerakan silat tradisional dan silat modern berhasil menarik perhatian penonton yang hadir.

 

Titik klimaksnya ketika penampilan dari dua orang pesilat yang memperagakan serangan, tangkisan, hindaran dan belaan yang diramu dalam bentuk laga atau ganda tangan kosong dan bersenjata.

 

Penonton semakin histeris dan tegang ketika salah satu dari pesilat menggunakan senjata golok untuk menyerang lawan, namun dengan kesigapan dari pesilat itu sehingga serangan golok bisa di hindari dangen belaan dan membalasnya dengan kuncian.

Di penghujung atraksinya para pesilat yang masih kategori usia pra remaja ini dengan atraktif membentangkan spanduk yang bertuliskan Pemerintah Kota Makassar Kelurahan Maccini Sombala Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke 77 “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, Saddam Musma, S.STP, M.Si, Lurah Maccini Sombala.

 

Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi beserta rombongan dari Pemerintah Kota Makassar dan Para Anggota DPRD Kota Makassar dapil 5 Camat Tamalate, para Lurah se kecamatan Tamalate, Ketua LPM se kecamatan Tamalate, Pj RW/RT se Kecamatan Tamalate yang hadir dan menyaksikan langsung pagelaran seni pencak silat Tapak Suci ini sesekali berteriak histeris dan memberikan aplous dengan tepuk tangan.

 

Para pesilat dari Perguruan Tapak Suci ini merupakan binaan Kelurahan Maccini Sombala yang sehari-harinya berlatih dibawah arahan Rahmat Tumengkol dan Hermanto dan difasilitasi tempat latihan oleh salah satu Tokoh Budaya dan Tokoh Masyarakat Maccini Sombala yakni Kaharuddin Dg. Jumasang.

 

Lurah Maccini Sombala Saddam Musma, disela-sela acara menyampaikan kepada media bahwa kegiatan pembinaan generasi muda, baik itu dibidang olahraga, agama, sosial kemasyarakatan, kami selaku pemerintah setempat sangat mendukung sepenuhnya dan selalu berupaya memberikan ruang yang seluas-luasnya untuk tampil berkreasi dengan harapan kedepannya bisa mengukir prestasi untuk mengharumkan nama Maccini Sombala pada khususnya dan Makassar pada umumnya.

 

Hardi salah satu penonton yang hadir merasa sangat senang dan terhibur menyaksikan atraksi jurus pencak silat yang tampil tersebut.

 

“Jujur saja saya sangat senang namun sedikit tegang juga menyaksikan mereka saling menyerang degan sebilah golok, tapi seruki dan menghibur” terangnya.

 

Sama halnya dengan Supra, yang juga masyarakat sekitar yang menyaksikan pesta rakyat ini mengatakan diantara penampilan hiburan yang tampil malam ini Pencak Silat dari Tapak Suci lah yang paling berkesan karena kita ada rasa-rasa deg-degan begitu, namun sangat menghibur karena jarang-jarang kita bisa nonton langsung yang begitu, biasanya kita cuma nonton di televisi ji. Ujar Supra.

 

Dihubungi secara terpisah, Pelatih Tapak Suci Cabang Maccini Sombala Hermanto, SE menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Lurah Maccini Sombala Bapak Saddam Musma, S.STP, M.Si, Tokoh Budaya Maccini Sombala Kaharuddin Dg Jumasang, SH, Ketua Tapak Suci Maccini Sombala Rahmat Tumengkol, SE, Pengurus Tapak Suci Cabang Maccini Sombala Sadrianah, S.Pd.I, Erni yang selama ini memberikan motivasi kepada kami untuk lebih semangat dalam menjalani proses latihan.

 

Semoga kedepan anak-anak didik/siswa Tapak Suci Cabang Maccini Sombala bisa lebih baik lagi dari sekarang dan tentunya mampu berprestasi sesuai harapan Bapak Lurah Maccini Sombala. Tutup pria yang akrab disapa Ka’ Anto. (*Rz)

ads

Comment