Indonesia Ke-77 Tahun, Bupati Gowa Harap Kondisi Ekonomi Lebih Kuat

ads

TAJUK UTAMA, GOWA – Bupati Gowa Adnan Purictha Ichsan memaknai usia Indonesia ke-77 Tahun sebagai momen dalam membangkitkan kondisi perekonomian agar lebih kuat.

Pasalnya di usianya saat ini Indonesia telah melewati peristiwa yang menimbulkan kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi yang berat dengan adanya pandemi Covid-19.

ads

Menurutnya, harapan ini sesuai tema perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Tahun yakni “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 dengan mengandung harapan agar Indonesia bisa bangkit dari peristiwa pandemi Covid-19.

“Makna pulih lebih cepat yaitu menandakan kita siap dari pandemi sudah menuju endemi. Sementara makna pada bangkit lebih kuat adalah ekonomi kita sudah berjalan kembali,” katanya usai menghadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun di Halaman Kantor Bupati Gowa, Rabu (17/08).

Kondisi perekonomian yang perlahan bangkit melalui program pemulihan ekonomi di seluruh daerah. Termasuk di Kabupaten Gowa tidak terlepas dari kontribusi semua elemen yang bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan tersebut.

“Berbagai program dalam rangka pemulihan ekonomi daerah telah kita lakukan. Dengan meningkatan seluruh sektor dan potensi daerah yang ada,” terangnya.

Hanya saja aku orang nomor satu di Gowa ini, meskipun kondisi perekonomian telah perlahan pulih dari krisis pandemi Covid-19. Tetapi adanya perang Rusia-Ukraina menjadi warning bagi pemerintah agar kembali bersiap menghadapi krisis baru.

“Kondisi keuangan yang disampaikan Presiden RI Bapak Joko Widodo diakui baru saja kita melewati krisis akibat pandemi Covid-19. Tetapi sekarang kita kembali bersiap menghadapi sebuah krisis akibat perang Rusia-Ukraina,” ujarnya.

Adanya kondisi ini menyebabkan pasokan komoditas berkurang, sehingga banyak sekali bahan-bahan komoditas yang mengalami kenaikan. Antar lain minyak, solar dan lain-lainnya dinyatakan telah mengalami kenaikan.

Olehnya dirinya berharap melalui momentum HUT Kemerdekaan RI ke-77 Tahun ini seluruh elemen bisa kompak, bangkit kembali, dan mengakselerasi ekonomi dengan baik. Sehingga dampaknya kepada masyarakat tidak terlalu terasa.

“Saya berharap makna pulih lebih cepat ini betul-betul kita me-recover segala lini sektor kehidupan, sehingga melalui ini, kita bisa lebih baik dan maju di masa datang,” tegas Bupati Gowa. (*)

## Upacara HUT Kemerdekaan RI Berlangsung Khidmat

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Tahun yang digelar Pemerintah Kabupaten Gowa berlangsung khidmat.

Upacara yang dipimpin Bupati Gowa Adnan Purictha Ichsan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gowa. Dalam upacara tersebut Bupati Gowa menggenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU).

Hadir pula Wakil Bupati Gowa H. Abd. Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Kamsina, seluruh jajaran Pimpinan Forkopimda Kabupaten Gowa, Ketua Tim PKK Gowa Priska Paramita Adnan beserta Wakilnya Musaddiyah Rauf. Termasuk seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengambil tema besar yakni Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Tema ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022, di mana mengandung harapan agar Indonesia bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama dua tahun, yakni pandemi Covid-19. (*)

ads

Comment