Tanamkan Moral dan Nilai Agama Sejak Dini, TK Ananda Gelar Manasik Haji

ads

Tajukutama, Makassar– Puluhan siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Ananda mengikuti kegiatan manasik haji yang digelar dihalaman TK Ananda Jalan Mallombassang Kec. Tamalate Kota Makassar.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya ini bertujuan untuk menanamkan moral dan nilai agama sejak di usia dini kepada anak-anak yang duduk dibangku sekolah Taman Kanak-Kanak.

ads

Kepala Sekolah TK Ananda Fitriani, S.Pd, Gr mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dengan bimbingan para guru-guru berpengalaman yang ada disekolah ini.

“Melalui pengarahan tata cara berhaji yang di pandu oleh Ustaz Burhanuddin, pelaksanaan Manasik Haji dilakukan sesuai dengan rangkaian ibadah haji sesungguhnya dimulai dari tawaf sampai melempar jumrah dan melafalkan doa rukun haji, Ucap Fitriani saat dikonfirmasi oleh media ini beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, Dengan memperkenalkan 5 Rukun Islam kepada anak-anak sejak dini, salah satunya adalah melaksanakan haji.

“kegiatan manasik haji atau haji kecil ini, kita juga dapat mengembangkan beberapa aspek pada diri anak yang sesuai dengan pendidikan anak usia dini, diantaranya aspek agama dan moral.

Lanjutnya, dengan mengenalkan rukun islam yang ke 5 dan hafalan doa-doa yang dilantunkan ketika kita melaksanakan haji, mulai dari niat haji, kalimat talbiyah, doa tawaf, doa sai dan doa ketika melempar jumrah.

Selain itu, kegiatan ini dapat melatih aspek motorik anak dengan berjalan mengelilingi Ka’bah, berlari kecil ketika sa’i dan melempar jumrah, selanjutnya aspek bahasa dan aspek sosial emosional dan terakhir aspek kognitif yakni melalui kegiatan praktek langsung bisa memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak, jelasnya.

Ditempat yang sama, mewakili orang tua murid Muliani sangat mengapresiasi manasik ini, menurutnya melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh TK Ananda dapat meningkatkan pemahaman agama sehingga kepribadian anak semakin agamis.

“Dengan adanya praktek manasik haji di sekolah ini tentunya sangat positif dalam pembentukan akhlak dan perilaku anak, pungkasnya. (Ramzi)

ads

Comment