Bupati Gowa Bahas Ilmu Pemerintahan ke Peserta Kunjungan Tokoh Darul Arqam

ads

TAJUK UTAMA, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan menerima kunjungan tokoh yang dilakukan Forum Darul Arqam Madya Pimpinan Cabang Ikatan Universitas Muhammadiyah Makassar. Kunjungan tersebut berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa yang dihadiri sekitar 57 mahasiswa.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Gowa membahas terkait sistem pemerintahan yang terjadi saat ini. Menurutnya, saat ini ada tiga sistem pemerintahan yang diterapkan di berbagai negara.

ads

Pertama, adalah sistem pemerintahan demokrasi liberal yang diimplementasikan di Amerika, di Prancis dan juga Indonesia saat ini.

“Sistem pemerintahan demokrasi liberal itu adalah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, dan untuk kesejahteraan masyarakat. Segala kebijakan yang dibuat pemerintah hanyalah untuk rakyat dan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh,” jelasnya disela-sela pertemuan, Senin (25/7).

Kedua, sistem pemerintahan otoritarium ialah sistem yang menerapkan sistem pemerintahan dengan berbasis komunisme seperti yang diterapkan di Rusia. Ketiga, sistem pemerintahan Monarki (Kerajaan) seperti yang diterapkan di Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Abu Dhabi.

“Meski sistem pemerintahan yang diterapkan berbeda-beda secara konsep. Tetapi Semua kebijakan yang diambil dalam sistem pemerintahan itu berdasarkan semata-mata untuk kesejahteraan rakyat,” katanya.

Bupati Gowa juga mengakui, sebagai pemimpin yang dijabat seorang manusia tentunya pasti punya banyak kekurangan. Sehingga dalam menjalankan pola-pola pemerintahan melalui kebijakan-kebijakannya tidak sedikit masyarakat menerima (suka) dan tidak menerima (tidak suka).

“Kalau berbicara pemerintahan, ada yang suka dan ada yang tidak suka. Karena kita memang tidak bisa menganggap bahwa semua orang dengan berbagai pandangan bisa suka dengan kita. Itu mustahil,” tegas orang nomor satu di Gowa ini.

Ketua Umum Pimpinan Cabang Darul Arqam Madya Kota Makassar, Agus Ramadhan menuturkan, studi tokoh dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini diharapkan bisa menjadi ilmu tambahan bagi para mahasiswa. Mengambil kisah inspiratif dari Bapak Bupati Gowa dan menjadikan pesan-pesan kepemimpinan yang disampaikan beliau sebagai motivasi cita-cita generasi muda.

“Semoga apa yang Bapak Bupati Gowa sampaikan tadi bisa dijadikan motivasi untuk di contoh. Termasuk terkait kepemimpinannya di Kabupaten Gowa yang patut dijadikan sebagai pemimpin yang sukses dalam membangun sebuah daerah,” terangnya.

Turut hadir pada penerimaan kunjungan ini, Kepala Dinas Sosial Firdaus dan Kepala Dinas Pendidikan, Taufik Mursad. (*)

ads

Comment