Pangdam Hasanuddin : Kedatangan Saya Bukan Sebagai Pangdam Namun Saya Hanya Ingin Beribadah dan Bersilaturahmi dengan Warga

ads

Tajukutama, Makassar – Upaya meningkatkan keimanan dengan selalu melaksanakan rutinitas Sholat Subuh di masjid, Cucu langsung dari seorang ulama dan Pahlawan Nasional Andi Mappanyukki, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., selalu melaksanakan Safari Subuh ke Masjid2 di wilayah nya.

Untuk kesempatan hari ini (Kamis, 21/07/2022), safari Subuh dilaksanakan bersama warga di Masjid Syekh Yusuf Lakiung Jl. Syekh Yusuf Kel. Katangka Kec. Somba Opu Kab. Gowa.

ads

Usai sholat subuh berjamaah Pangdam berkesempatan memberikan kultum kepada jamaah yang hadir melaksanakan sholat subuh.

Di awal kultumnya Jenderal bintang dua ini mengajak untuk bersama-sama patut bersyukur dengan nikmat yang diberikan Allah SWT sehingga di hari ini masih di berikan nikmat kesehatan, kesempatan dan kekuatan untuk beribadah kepada Allah SWT di subuh hari melaksanakan sholat fardhu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kedatangannya di Masjid Katangka semata-mata hanya untuk beribadah safari sholat subuh secara berjamaah bukan karena sebagai Pangdam ataupun keturunan kerajaan.

“Saya pribadi datang di sini bukan sebagai Pangdam dan bukan sebagai adanya keturunan kerajaan, namun kedatangan saya hanya untuk bersilaturahmi dengan warga Kel. Katangka dan semata-mata hanya untuk melaksanakan ibadah safari sholat subuh secara berjamaah, semoga yang hadir ini adalah pecinta-pencinta Masjid,” Bebernya.

Pada kesempatan ini Mayjen Andi mengajak untuk mengikuti Rasulullah SAW, yang telah mencontohkan perintah-petintah Allah SWT yang patut dilakukan.

“Pada zaman Rasulullah SAW, bagaimana kita bisa mengikuti apa yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah dalam melaksanakan perintah-perintah Allah SWT, terutama bila menjalankan sholat lima waktu dalam sehari semalam dan khususnya sholat subuh berjamaah,” Ungkapnya.

“Di dalam agama kita yaitu agama Islam, kita harus memakmurkan Masjid ini untuk beribadah lima waktu. Mungkin kita laksanakan kegiatan-kegiatan di Masjid dengan membaca Al’quran atau belajar tentang tafsir hadist dan lain sebagainya,” Sambungnya.

Mayjen Andi pun menjelaskan tentang sejarah kemerdekaan NKRI dengan keterlibatan raja-raja bersama rakyat dalam membela dan mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia.

“Sebelum NKRI ini dibentuk bahwa sebenarnya ada raja-raja bersama rakyatnya berjuang untuk membela dan mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia ini,” Jelasnya.

“Jangan kita sekali-kali melupakan sejarah bangsa Indonesia, kita lahir dan ada sampai sekarang, karena adanya sejarah-sejarah para pendahulu kita. Mari kita sama-sama menjaga kedamaian dan kerukunan antar sesama umat Islam dalam bingkai negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” Ajaknya.

“Kita tidak boleh berpikiran sempit, jangan kita membuat kelompok-kelompok tertentu, saling memusuhi, saling membunuh karena Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengajarkan seperti itu,” Tutupnya.

Hadir pada kegiatan yakni Pamen Ahli Bid. OMP Kolonel Inf Drs. Alamsyah, M.Si., Pamen Ahli Bid. OMSP Kolonel Inf Trenggono, S.I.P., Dandenmadam Kolonel Kav Gatot Pramono Yogi, Kabintaljarahdam Kolonel Inf Slamet Riyanto, S.Ag., M.M., Kazidam Kolonel Czi Indra Prakasa, Katopdam Kolonel Ctp Moh. Khoirul Hadi, Kasansidam Letkol Kav Amran Wahid, S.T., M.M., Kapuskodalopsdam Letkol Inf Harry Prabowo, S.E., Wakakumdam Letkol Chk Supriyanto, S.H., M.H., Dandim 1408/Mks Letkol Inf Nurman Syahreda, S.E., Dandim 1409/Gowa Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir, S.I.P., Babinsa Kel. Katangka Serka Ahmad dan Babinkamtibmas Kel. Katangka Bripka Muh. Arafah.

ads

Comment