Pangdam Hasanuddin Resmi Membuka Kompetisi Panjat Tebing “Panglimata’ Kodam XIV Hasanuddin Series”

ads

Tajukutama, Makassar – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., secara resmi membuka Kompetisi Tingkat Daerah Sulsel dalam bentuk Sirkuit Daerah Panjat Tebing “Panglimata’ Kodam XIV Hasanuddin Series” FPTI Sulsel, yang dilaksanakan di Venue Panjat Tebing Lapangan Hasanuddin, Jl. Jend. Sudirman Makassar. Minggu (17/07/2022).

Kompetisi panjat tebing ini dalam rangka memperebutkan Piala Pangdam XIV/Hasanuddin yang digelar oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulsel bekerjasama dengan Kodam XIV/Hasanuddin.

ads

Pangdam dalam sambutannya menuturkan bahwa tujuan kompetisi ini untuk meningkatkan pembinaan kemampuan dan prestasi olahraga cabang panjat tebing, sekaligus dapat dimanfaatkan untuk mencari bibit dan kader atlet panjat tebing, yang nantinya akan mewakili daerah Sulsel dalam berbagai event yang lebih besar.

“Saya sangat bangga atas inovasi pihak penyelenggara dalam melaksanakan kegiatan ini, yang dikemas dalam bentuk Sirkuit Daerah Panjat Tebing “Panglimata’ Kodam XIV Hasanuddin Series” FPTI Sulsel. Dari segi kesehatan panjat tebing adalah olahraga yang sangat menantang dan beresiko tinggi,” Ungkapnya.

“Namun bagi para pencinta tantangan dan olahraga ekstrim, maka olahraga panjat tebing dapat menjadi pilihan. Walaupun olahraga ini memilki resiko yang tinggi dan ekstrim, namun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh yaitu, membentuk dan memperkuat otot tubuh, serta juga dapat membakar kalori dua kali lipat dari pada pendaki gunung,” Sambungnya.

“Olahraga panjat tebing juga memiliki manfaat lain yaitu dapat melatih meningkatkan konsentrasi dan fokus. Dengan demikian, maka olahraga ini bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental,” Lanjut Pangdam.

Orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini berharap dalam pembinaan kompetisi ini dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi guna menuju event yang lebih besar.

“Kita mengharapkan dengan diselenggarakannya event Kompetisi Panjat Tebing Sirkuit Daerah FPTI Sulsel Tahun 2022 ini, akan melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk menuju event yang lebih besar, baik tingkat nasional, maupun internasional,” Harapnya.

“Seluruh peserta kiranya dapat mengikuti kompetisi ini dengan penuh semangat, sekaligus menjadikan event ini sebagai tolak ukur dalam menilai keberhasilan pembinaan atau latihan yang telah dilakukan selama ini,” Tambahnya.

Di akhir sambutannya Jenderal bintang dua ini mengingatkan kepada seluruh penyelanggara dan peserta agar dalam pelaksanaan kegiatan untuk tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

“Saya minta agar utamakan faktor keamanan dan keselamatan, baik kesiapan perlengkapan maupun fisik yang baik, jangan hanya terlalu fokus pada pencapaian prestasi dan jangan terlalu memaksakan diri karena hal tersebut berpotensi menimbulkan resiko yang serius,” Tutupnya.

Di tempat yang sama Ketua Umum FPTI Sulsel Ir. Imam Subekti mengucapkan terima kasih Kepada Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., Pangdam XIV/Hasanuddin karena sudah mendukung dan menyediakan sarana untuk pelaksanaan pertandingan panjat tebing Panglimata’.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada Bapak Pangdam XIV/Hasanuddin yang telah bersedia memfasilitasi pertandingan panjat tebing ini, baru kali ini ada seorang Pangdam yang siap membantu FPTI untuk menyelenggarakan panjat tebing,” Ungkap Imam dengan haru.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaan pertandingan panjat tebing ini, kami dapat mencetak atlet masa depan yang bisa mengharumkan Prov. Sulsel di tingkat nasional maupun internasional,” Tutupnya.

Turut hadir Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, S.H., M.Si., Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis, S.STP., Kajasdam Kolonel Inf Dr. Mulyono, S.Pd., M.Or., AIFO., Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H., Dir Samapta Polda Sulsel Kombes Pol Hondawan Naibaho, S.H., M.H., S.I.K., Dir Reskrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Helmy Kwarta Kusuma Putra Rauf, S.I.K., M.H., dan Sekretaris Koni Sulsel Mujiburrahman.

ads
ads
ads
ads

Comment