Bidan Desa Bontominasa Lakukan Posyandu Untuk kesehatan Ibu dan Anak

ads

Tajukutama-Bulukumba –Pelaksanaan posyandu Desa Bontominasa oleh Bidan Desa ( Asnidar dan Rina yusnita) dan dibantu oleh para kader Dusun Ballatinggia Desa Bontominasa dilaksanakan pada tanggal 16 juni 2022 .

“Peran posyandu ditengah masyarakat sangatlah penting. Posyandu identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu – itu saja. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui dan pasangan usia subur.

ads

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan Ibu dan Anak.

Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Dari pantauan pewarta Kegiatan posyandu oleh bidan Desa Bontominasa meliputi Penimbangan balita menggunakan timbangan digital dan untuk yang masih belum bisa berjalan namun jika sudah bisa berjalan menggunakan timbangan injak digital, memberikan makanan tambahan dan konsultasi kehamilan dan Bayi dan masih banyak lagi yg berkaitan dengan ibu dan Anak.

Berbeda dengan puskemas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasinya pun mudah dijangkau karena di adakan perdusun dalam satu Desa, seperti pada saat ini jadwal posyandu diadakan di Dusun Ballatinggia dan akan di gilir ke Dusun – Dusun yang ada di desa Bontominasa.

Pada kesempatan itu Bidan Asnidar didepan wartawan  menjelaskan beberapa kegiatan posyandu, diantaranya yaitu:

1.      Program Kesehatan Ibu Hamil

2.      Program Kesehatan Anak

3.      Keluarga Berencana (KB)

4.      Imunisasi

5.      Pemantauan Status Gizi

7.      Pemberian Bubur dan susu

Lanjut Bidan Rina partner dari bidan Asnidar memberikan  penjelaskan beberapa manfaat dari posyandu diantaranya yaitu:

1. Memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian ASI, Mpasi, dan pencegahan penyakit.

2. Memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari resiko kekurangan gizi atau gizi buruk ( stanting) .

3. Mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil dan ibu menyusui sehingga penanganan segera dapat dilakukan.

4. Memberikan imunisasi lengkap.

5. Pemberian makanan Tambahan bagi bayi dan Balita.

Untuk itu masyarakat Desa Bontominasa pada umumnya agar sekiranya bisa mensukseskan program – program kegiatan posyandu dengan membawa bayi dan balitanya ke ketempat posyandu terdekat dan ibu hamil segera memeriksakan kesehatan kehamilan nya  diusia dini tutup bidan Rina”,.

 

 

 

 

 

 

 

ads

Comment