Pangdam Hasanuddin Uji Kelaikan Kapal RIB di Polairud

ads

Tajukutama, Makassar – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., melakukan pengujian kelaikan terhadap kapal Rigid Inflatable Boats (RIB) yang merupakan tahapan proses pengujian kelayakan suatu pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kemhan, yang dilaksanakan di Pelabuhan Polairud, Jl. Ujung Pandang Kota Makassar, Jumat (15/07/2022).

Pangdam Hasanuddin menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Komando Atas untuk mendukung pelaksanaan tugas jajaran Kodam, dan berharap dengan adanya kapal RIB ini, bisa mendukung tugas-tugas yang diembankan oleh Pembekalan Angkutan yang ada di wilayah Kodam Hasanuddin.

ads

“Kita tau bahwa terdapat banyak pulau-pulau di sekitar kita di wilayah Sulawesi Selatan, sehingga sangat cocok jenis kapal ini karena memiliki stabilitas pada sisi kiri dan kanan, banyak satuan-satuan kewilayahan dan ini merupakan salah satu armada untuk memperlancar tugas-tugas mereka di sana, baik itu untuk dukungan personel maupun materil khususnya logistik dan juga dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan,” Tuturnya.

Mayjen Andi mengatakan bahwa terdapat 6 unit kapal yang diterima dari Komando Atas dan akan dibagikan ke tiga tempat wilayah tanggung jawab Kodam XIV/Hasanuddin.

“Sebanyak 6 unit kapal RIB ini akan dibagikan kepada Denjasaang XIV-44-13 yang bermarkas di Makassar sebanyak 2 unit, Denbekang XIV-44-03/Kendari ada 2 unit, dan Denbekang XIV-44-02/Pare-pare sebanyak 2 unit, dengan harapan agar dapat digunakan dengan semaksimal mungkin dan khusus untuk kepentingan tugas pokok”, Ungkapnya.

Untuk diketahui, Kapal RIB ini memiliki spesifikasi tehnis yakni panjang kapal 12,07 m, Lebar dg Hypallon 3,275 m, luas bagian 2,714 m, kapasitas tangki BBM 1.370 liter, daya angkut max 7.214 kg, kecepatan 35 knot, kemampuan jelajah 200 Nm, bahan dari aluminium, daya angkut personel ABK dan penumpang 16 orang.

Selanjutnya Konsumsi BBM/jam/mesin 105 liter, waktu tempuh full tank dengan kecepatan maks 6,5 jam, engine Yamaha 300 HP 2 unit, sistem kerja elektrika, dilengkapi alat navigasi dan komunikasi 1 set, telfon satelit 1 unit dan alat keselamatan life jaket 16 buah.

Turut hadir mendampingi Pangdam, Irdam XIV/Hsn Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos., Kapok Sahli Pangdam XIV/Hsn Brigjen TNI Andi Kaharuddin, S.I.P., M.M., para Asisten, Perwira LO, Kapendam dan Kabekangdam XIV/Hasanuddin.

ads

Comment