Disbudpar Pasangkayu Bersama Astra Agro Gelar Seminar dan Lomba Jurnalistik Pariwisata

ads

Tajukutama. Pasangkayu, Sulbar – Pariwisata merupakan salah satu sektor strategis dan potensial dalam pembangunan ekonomi suatu wilayah. Destinasi wisata, situs bersejarah, kuliner, maupun kebudayaan daerah menjadikan industri pariwisata di Indonesia semakin beragam dan semarak. Keanekaragaman itu lah yang menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pasangkayu bekerjasama dengan Astra Agro menggelar seminar dan lomba penulisan jurnalistik dengan tema “Mari Bersatu Padu Memajukan Potensi Budaya dan Pariwisata Pasangkayu”.

ads

Kegiatan yang digelar pada Kamis, 14 Juli 2022, bertempat di Prosa Coffee dibuka secara langsung oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kab. Pasangkayu, Dr. H. Badaruddin, S.Pd, M.Si. yang mewakili Bupati Pasangkayu.

“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Pasangkayu menyambut baik ide dan kegiatan ini. Kami berharap kehadiran narasumber dapat membuka pemikiran dan menginspirasi rekan-rekan wartawan untuk terus berkontribusi mendorong kemajuan potensi Pasangkayu, hingga akhirnya dapat mendatangkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor pariwisata,” kata Badaruddin.

Acara bincang-bincang singkat ini berlangsung seru dan meriah dengan dihadiri sekitar 70 orang peserta dan tamu undangan. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari PT Astra Agro Lestari, Tbk kepada pemerintah kabupaten untuk menyukseskan promosi pariwisata. Harapannya dapat menjadi ajang edukasi dan promosi dalam menciptakan dan mengangkat potensi pariwisata khususnya yang ada di Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Pasangkayu H. M. Yunus Alsam menyampaikan terima kasih kepada Astra Agro yang begitu peduli terhadap kemajuan di wilayah Pasangkayu.

“Kehadiran industri perkebunan banyak memberi dampak positif bagi masyarakat maupun kemajuan wilayah. Di dukung dengan nilai budaya dan pariwisata Kabupaten Pasangkayu sangat layak untuk kita kembangkan. Dengan bantuan pers, potensi ini tentu bisa kita maksimalkan agar lebih maju dan berdampak positif bagi kabupaten,” lanjutnya.

Seminar ini menghadirkan Ketua PWI Sulawesi Barat Dr. H. Naskah M. Nabhan, S.Sos., M.A.P., yang menyampaikan materi terkait peran dan kekuatan pers dalam memajukan kepariwisataan.

Selain itu, mantan kepala biro LKBN Antara sekaligus Saksi Ahli Dewan Pers Sulawesi Tengah Rolex Malaha juga turut andil menjadi pembicara dengan menyampaikan materi seputar tips menulis feature tentang pariwisata.

Kegiatan bincang-bincang ini ditutup dengan pembukaan lomba penulisan jurnalistik pariwisata. Para peserta diberikan waktu dua minggu untuk dapat menggali potensi budaya dan pariwisata di Kab. Pasangkayu dan menuangkan ke dalam tulisan, untuk selanjutnya diterbitkan baik ke media cetak maupun online dan diikutsertakan ke dalam lomba tersebut.

Media dan Public Relations Manager Astra Agro, Mochamad Husni yang bertugas menjadi moderator dalam kesempatan ini memandu diskusi yang begitu seru dan interaktif. “Astra Agro sangat mendukung ide dan rencana yang dapat memberi manfaat,” kata mantan wartawan yang kini bekerja sebagai humas.

“Ini sesuai dengan motto Astra Agro “prosper with the nation”, lanjutnya sambil menyampaikan bahwa sebagai institusi bisnis, Astra Agro tidak hanya fokus pada profit (keuntungan), tapi juga bagaimana kehadiran dan operasional perusahaan dapat memberi manfaat bagi people (orang), dan planet (alam dan lingkungan sekitar).(*)

ads

Comment