Rektor UIM Majdah M Zain Terbang ke Amerika Ikuti Pertemuan Pemimpin Agama Dunia

ads

 

Jakarta –Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), Dr Ir Hj Andi Majdah M Zain M.Si Jumat (13/5) hari ini terbang ke Amerika Serikat Majdah terpilih dan diundang pemerintah Amerika Serikat mengikuti pertemuan pemimpin lintas agama,

ads

Pertemuan yang diinisiasi International Visitor Leadership Program Amerika Serikat itu mengusung tema dialog imama dan masjid. Forum ini akan berlangsung `13-27 Mei 2022.

“Kami akan berdialog dengan pemimpin lintas agama dari beberapa negara. Jadi pesertanya tidak saja dari pemimpin Islam tetapi juga dari agama lain,” kata Ketua Muslimat NU Sulsel itu.

Majdah menambahkan selama berada di Amerika, ia akan mengikuti seminar dan workshop tentang kepemimpinan, berkunjung ke gedung putih dan beberapa kampus, dan membangun jaringan kerjasama dengan NGO di Amerika Serikat.

Di forum ini, Indonesia sendiri diwakili 25 tokoh. Dua dari 25 tokoh itu berasal dari Makassar. Selain Majdah, imam besar Masjid Al Markaz Al Islami, KH Maskur Yusuf juga ikut serta dalam program ini. Delegasi Indonesia dipimpin imam besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH Nasaruddin Umar.

Majdah mengaku senang bisa menjadi wakil Indonesia dalam forum internasional itu. Ia berharap forum ini akan menambah wawasan dan berbagi pengalaman bersama semua delegasi bagaimana membangun moderasi beragama di Indonesia.

Selama di AS, delegasi program IVLP akan melakukan pertemuan dan serangkaian kunjungan di sejumlah lembaga. Di Los Angles berkunjung ke IMAN Cultural Center, Muslim Public Affairs Council, dan ke University of Southern California Center for Religion and Civic Culture and American Muslim Civic Leadership Institute . Di San Francisco akan mengunjungi dan berdiskusi di The Graduate Theological Union at Zaytuna College, St Ignatius College Prepatory School.

Sedangkan di Washington DC ke Islamic Society of the Washington Area and Civilizations Exchange and Education Foundation mapun ke All Dulles Area Muslim Society (ADAMS) Center serta ke American Islamic Heritage Museum and Masjid Muhammad. Delegasi IVLP IPIM juga diagendakan bertemu dan diterima Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Washington DC ujar Majdah

Ketua Umum IPIM, Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA menjelaskan sejumlah Alumni IVLP se-Indonesia kembali mendapatkan kesempatan ke AS tindaklanjut dari program yang diselenggarakan atas kerjasama antara Pimpinan Pusat IPIM dengan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta .

“Sejumlah anggota delegasi yang ditetapkan ditugaskan untuk mengikuti program kunjungan alumni IVLP di Amerika Serikat yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-29 Mei 2022,” jelas Imam Besar Masjid Istiglal tersebut.

Kabag Humas dan Kerjasama Universitas Islam Makassar dr Wachyudi Muchsin SH MKes menambahkan rombongan berangkat dari bandara International Soekarno Hatta Jakarta turut mengantar Agus arifin Numang Wakil Gubernur Sulawesi Selatan periode 8 April 2008 hingga 15 Februari 2018 bersama keluarga rombongan yang akan berangkat ke Amerika ., sebuah ke syukuran civitas akademik UIM , Bahwa Rektor UIM DR Ir Hj Andi Majdah M Zain M.Si merupakan satu-satunya pimpinan perguruan tinggi Islam yang dipercaya menjadi bagian dari delegasi program lanjutan International Visitor Leadership Program (IVLP) berkinjung ke negara adidaya Amerika Serikat , Bersama pimpinan wilayah IPIM Yakni Ketua IPIM Sulsel yang juga Imam Masjid Al Markaz Al Islami KH Maskur Yusuf MAg, Abd Aziz Tamauni Ketua IPIM Sulawesi Tengah, Rifad Aby Syahid Sekretaris IPIM Jawa Barat dan Abd Basir Amin dari IPIM Kepulauan Riau. pungkas dokter koboi panggilan akrabnya .■

ads
ads
ads
ads

Comment