Imunisasi Membentuk Kekebalan Tubuh

ads

TAJUKUTAMA.COM, MAKASSAR – Imunisasi adalah proses untuk membuat seseorang kebal terhadap suatu penyakit, dengan cara menyuntikkan vaksin yang bertujuan untuk membentuk daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu.

Imunisasi yang dilaksanakan secara rutin dan lengkap merupakan salah satu cara yang efektif dalam mencegah penyebaran penyakit di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Letkol Sus Husban Abady, ketika menyampaikan ceramah tarwih malam ke-15 di Masjid Nur Alam Nur, Jl. Boulevard Makassar, Sabtu (16/4/2022).

ads

Dengan mengangkat tema ‘Imunisasi Membentuk Kekebalan Tubuh’ Husban Abady mengatakan bahwa tujuan Imunisasi adalah untuk melindungi diri dari berbagai penyakit yang berbahaya atau berisiko menyebabkan kematian.

Imunisasi sekaligus dapat membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity, untuk mencegah penyebaran penyakit pada orang yang tidak bisa menjalani imunisasi, sehingga makin banyak orang yang mendapatkan imunisasi berarti makin sedikit pula orang yang terinfeksi penyakit.

“Jangan sampai kita meninggalkan generasi yang lemah karena tidak memiliki kekebalan tubuh, sehingga gampang terserang penyakit yang mengakibatkan generasi kita hidupnya tidak sejahtra. Sebagaimana firman Allah SWT, dalam Al Qur’an Surah An-Nisa ayat 9 yang artinya: Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Husban Abady mengatakan bahwa menjaga kesehatan adalah merupakan hal yang sangat penting, karena dengan tubuh yang sehat kita bisa melaksanakan berbagai aktifitas, sebagaimana Rasululah Muhammad SAW., bersabda, yang atinya: ‘Wahai Rosululloh, apakah kita berobat? Nabi bersabda,’’berobatlah, karena sesungguhnya Alloh tidak menurunkan penyakit, kecuali pasti menurunkan obatnya, kecuali satu penyakit (yang tidak ada obatnya),’’ mereka bertanya, apa itu? Nabi bersabda, penyakit tua,” jelasnya.

“Selama dua tahun terakhir Imunisasi kepada anak mengalami penurunan, yang diakibatkan oleh adanya pandemi Covid 19, yang mengharuskan kita semua untuk fokus dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid 19 yang sedang melanda dunia termasuk negara kita Indonesia. Disamping itu orang tua tidak membawa anaknya ke Posyandu, Puskesmas, dan Rumah Sakit untuk di Imunisasi karena takut tertular Coovid 19, apalagi dengan protokol kesehatan yang mengharuskan kita untuk tidak berkumpul dikeramaian, sehingga berdasarkan data terakhir ada sekitar 23 juta anak Indonesia yang belum diimunisasi secara lengkap,” jelas Husban Abady.

“Dengan adanya tanda-tanda Covid 19 mulai melandai atau menurun, serta Protokol kesehatan sudah mulai longgar, maka Husban Abady mengajak dan menghimbau kepada semua jamaah khususnya yang mempunyai anak dan belum diimunisasi secara lengkap segera membawa anaknya untuk diimunisasi, apalagi ada pekan imunisasi dunia yang akan dilaksanakan secara serentak yaitu tanggal 24 sampai 30 April 2022,” urai Husban Abady.

Kemudian Husban Abady mengatakan semoga dengan pekan Imunisasi yang dilaksanakan secara serentak, cakupan imunisasi dasar dan lanjutan dapat merata di seluruh wilayah Iindonesia, mulai dari wilayah perkotaan sampai ke desa-desa terpencil, sehingga tingkat kekebalan anak-anak menjadi tinggi, yang sekaligus berpengaruh secara luas kepada tingkat kekebalan seluruh masyarakat.

“Untuk mencapai cakupan imunisasi yang tinggi dan merata di setiap wilayah, maka seluruh yang berkepentingan, mulai dari pemerintah, tenaga medis, lembaga swasta, dan masyarakat harus bergerak bersama untuk mensukseskan pelaksanaan Imunisasi dan sekaligus mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaannya, termasuk melakukan upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi secara rutin dan lengkap, sehingga mereka mau mendatangi dan membawa anaknya ke tempat pelayanan imunisasi” Kata Perwira yang pernah bertugas di Pangkalan TNI Angkatan Udara Pekanbaru Riau.

Di akhir ceramahnya Husban Abady menghimbau Kepada seluruh jamaah agar tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu negatif yang tidak benar mengenai imunisasi, yang sengaja dihembuskan oleh orang,-orang yang tidak bertatanggung jawab. Ingat Imunisasi adalah merupakan upaya paling efektif untuk mencegah dan memutus rantai penularan penyakit berbahaya.

“Imunisasi adalah untuk kepentingan anak tidak hanya berguna untuk diri sendiri tetapi juga berguna bagi orang lain dan sekitarnya, dan yang paling penting Imunisasi adalah merupakan hak anak,” pungkas Husban Abady.

ads

Comment