Ketua Umum Ganas Annar MUI Sulsel Menyerahkan Mushaf Al-Qur’an

ads

 

TAJUK UTAMA, MAKASSAR – Gerakan Nasional Anti Narkoba (GANAS ANNAR) Majelis Ulama Sulawesi Selatan (MUI-Sulsel) sebagai khadimul ummah, atau pelindung umat

ads

Tidak saja bertekad memerangi Narkoba hingga ke akar akarnya, melainkan turut meningkatkan aktivitas religius. Dari sini, diharapkan, menjadi solusi dalam berintrospeksi, sehingga lahir kesadaran di kalangan pengguna barang haram ini.

Salah satunya, menyerahkan mushaf Alquran untuk klien di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkoba Bollangi, Kabupatan Gowa.

Mushaf Al-Qur’an ini diserahkan Ketua GANAS ANNAR MUI Sulsel, Dr. H. Waspada Santing, M.Sos.I., M.H.I, diterima Kepala Lapas Narkoba, Andi Mohammad Syarif, Bc. IP., SH., M.Si, didampingi Kepala Seksi Bimbingan Narapidana, Sinardi, S.Pd,.MH, Sabtu (9/04/2022).

Di sela sela penyerahan mushaf Al-Qur’an, Dr. Waspada Santing, M.Sos.I., M.H.I mengemukakan, GANAS ANNAR yang dipimpinnya, tidak sekadar mengkampanyekan rehabilitasi medis, dan pemberantasan Narkoba hingga keakar akarnya, melainkan turut serta meningkatkan aktivitas religius di kalangan penghuni Lapas.

Termasuk, memudahkan para klien memperdalam, sekaligus memaknai isi, dan kandungan kalam Allah ini.

“Hari ini, kami (GANAS ANNAR MUI Sulsel) menyerahkan mushaf Al-Qur’an kepada klien di Lapas Narkoba Bolangi ini. Penyerahan ini, agar para klien di Lapas ini juga bisa memperdalam isi dan kandungan Al-Qur’an. Apalagi di bulan suci ramadhan, para klien, tentunya lebih antusias memperlajarinya,” tutur pria Bugis kelahiran Mendatte, Enrekang 18 Febrauri 1963 ini.

Didampingi Jamaluddin SKM (Wakil Ketua Bidang Rehabikitasi & Konseling), Dr. Ir. Hj. Kasmawati, MP (Bidang Penyuluhan), Munir Amir Pallawa (Bidang Organisasi & Daerah), Zaim Zuhdi (Bidang Dokumentasi & IT), dan Syarifuddin Pattisahusiwa (Bidang Publikasi & Humas).

Menurutnya, besar harapan seluruh jajaran GANAS ANNAR MUI Sulsel mashaf Al-Qur’an yang diberikan para klien dapat memperlajarinya, sehingga akan lahir kesadaran untuk tidak melakukan hal hal yang dapat merusak baik diri sendiri, maupun orang lain.

Dari sini pula, diharapkan tidak mengulangi tindak pidananya, serta menjadi masyarakat yang bertanggungjawab, baik bagi diri sendiri maupun keluarga dan masyarakat.

“Kami juga mengharapkan, para klien di sini, kelak, merekalah yang menjadi ujung tombak pemberantasan Narkoba. Dan, semoga dengan membaca mushaf yang dibagikan, klien lebih sering dan tekun membacanya, sehingga menjadi obat penenang,” tandas jurnalis kawakan ini, seraya mengakui, dalam waktu dekat antara GANAS ANNAR dan Lapas Narkoba Bollangi menandatangani MoU.

Selain penyerahan mashaf Al Qur’an, Doktor Hukum Islam IAIN Alauddin Makassar, 2020 yang juga Wakil Ketua III Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar ini mengurai berbagai program GANAS ANNAR MUI Sulsel.

Sementara itu, Andi Mohammad Syarif, Bc. IP., SH., M.Si. menyambut baik kehadiran GANAS ANNAR MUI Sulsel yang telah bersilaturahmi di Lapas Bollangi yang dipimpinnya.

“Kami tentunya snagat terharu, seklaigus berterima kasih kepada GANAS ANNAR Sulsel yang begitu peduli terhadap para klien di Bolangi ini. Tentunya, bantuan Al-Qur’an ini bermanfaat. Apalagi, tingkat kesadaran para klien di sini begitu besar. Dalam urusan keagamaan, mereka begitu antusias,” tuturnya, seraya menambahkan, pihaknya siap menjalin kerjasama dengan GANAS ANNAR MUI Sulsel.

Andi Mohammad Syarif yang mengaku berasal dari Sengkang, Kabupaten Wajo ini mengaku, jumlah klien di Lapas Narkoba Bollangi lebih 1000 orang. Selain dari Sulawesi Selatan, juga dari berbagai daerah di tanah air, termasuk luar negeri. Malah ada klien yang divonis mati.

ads

Comment