Kejujuran Mengantarkan Seseorang Kepada Kebaikan Dan Surga

ads

 

TAJUK UTAMA, MAKASSAR – Letkol Sus Drs. H. Husban Abady, MH., tampill memberikan ceramah Ramadhan pada malam ke 7 di Masjid Darul Muttaqien Jl. Toddopuli 6, Makassar (8/4/2022).

ads

Dengan mengangkat tema *Kejujuran Mengantarkan Seseorang Kepada Kebaikan Dan Surga*.

“Dewasa ini banyak orang yang mengatakan bahwa kejujuran itu terasa sangat mahal, kejujuran terasa sangat berat untuk dilaksanakan, kejujuran telah membuat kita dibenci oleh orang lain, kejujuran membuat karir kita terhambat, kejujuran telah membuat golongan dan pangkat kita tidak lancar, kejujuran telah membuat kita miskin, dan masih banyak ungkapan lainnya”, kata Husban Abady.

Ustadz yang berlatar belakang militer ini mengatakan bahwa, sebenarnya sangat gampang untuk berbuat jujur, misalnya :jika kita telah melakukan kesalahan maka kita seharusnya mengakui kesalahan tersebut, jika kita telah merugikan orang lain lebih baik kita jujur dengan apa yang sudah kita lakukan, setidaknya kejujuran kita akan meringankan beban diri kita, dan tidak menimbulkan masalah baru. Karena apabila kita melakukan kebohongan maka kita akan melakukan kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan yang pertama.

Oleh karena itu, lebih baik kita berperilaku jujur karena dengan kejujuran akan membuat kita tenang dan nyaman, sebab kejujuran itu akan medekatkan kita dengan kebenaran.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Qur’an Surah Al-Ahzab ayat 70 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.”

Lebih lanjut Husban Abady mengatakan bahwa, sudah banyak orang yang masuk penjara karena ketidak jujurannya, mereka melakukan tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme, mereka telah dipermalukan oleh Allah SWT., bukan hanya dia yang menanggung malu tetapi seluruh keluarga, istri dan anak-anaknya.

Bukan hanya itu dia akan dibuli, dicaci, dicemoh oleh orang banyak yang mengakibatkan harga diri, martabat, dan kehormatannya jatuh di tengah-tengah masyarakat dan sangat sulit untuk memulihkan kembali.

Kemudian Husban Abady, menyebutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW., juga bersabda yang artinya : “Dari Abdullah bin Mas’ud dari Nabi SAW bersabda; sesungguhnya kejujuran itu membawa pada kebaikan dan kebaikan itu membawa (pelakunya) ke surga dan orang yang membiasakan dirinya berkata benar(jujur) sehingga ia tercatat disisi Allah sebagai orang yang benar, sesungguhnya dusta itu membawa pada keburukan (kemaksiatan) dan keburukan itu membawa ke neraka dan orang yang membiasakan dirinya berdusta sehingga ia tercatat disisi Allah sebagai pendusta.”

Di akhir ceramahnya Husban Abady menyampaikan bahwa Imam Al Gazali membagi sifat jujur ke dalam tiga kategori yaitu: “Jujur dalam niat atau berkehendak, yaitu semua tindakan dan perbuatannya hanya karena Allah SWT., kemudian yang kedua jujur dalam perkataan, yaitu sesuai antara perkataan dan kenyataannya, dan yang terakhir adalah jujur dalam perbuatan, yaitu beramal dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang diperbuat dapat dipertanggung jawabkan.

“Janganlah terlena dengan gemerlapnya dunia ini, sehingga membuat kita terlena mengejar atribut-atribut kemewahan di dunia ini dengan menghalalkan segala cara, padahal apa yang kita kejar di dunia ini hanya ada dua kemungkinan, kalau bukan kita yang tinggalkan maka dia yang akan meninggal kita, kalau kita mengejar harta hanya ada dua kemungkinan kalau bukan harta itu yang meninggalkan kita maka kita yang akan meninggalkan harta itu, kalau kita mengejar jabatan, kalau bukan kita yang meninggalkan jabatan itu maka jabatan itu yang akan meninggal kita”, Pungkas pria berdarah bugis Sinjai ini.

ads

Comment