Simak Ulasan Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Terkait Pindahnya Segala Pengurusan Dari PTSP Ke Instansi Terkait

ads
ads

TajukUtama.Com, Makassar – Pindahnya segala pengurusan perizinan dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau yang biasa disingkat dengan DPM-PTSP ke Dinas Tata Ruang Dan Bangunan (DTRB), mendapat tanggapan dari masyarakat khususnya yang berdomisili di Kota Makassar.

Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan A Dinas PTSP Kota Makassar, Faisal Burhan mengungkapkan, hal ini berlangsung setelah adanya perubahan struktur organisasi.

Dimana fungsi-fungsi teknis tidak melekat lagi pada Dinas PTSP, melainkan tanggungjawab dari sisi administratif saja. Dulu struktur organisasi PTSP itu lebih kepada administrasi dan teknis, contohnya struktur organisasi yang bersifat teknis itu melekat kepada PTSP.

ads
ads

“Sekarang sudah tidak lagi karena sudah berubah, memang perlu ada tanggungjawab teknis didalamnya, nah saat ini PTSP hanya administratif dan fungsi kajian teknis melekat pada instansi teknis”, terang Faisal di ruang kerjanya, Senin, (18/10/2021).

Faisal Burhan menambahkan, memang ada beberapa instansi teknis yang berkaitan dengan jenis-jenis izin yang dikelola, misalnya Izin Mendirikan Bangunan alias IMB akan melekat tanggungjawabnya kepada tim teknis DTRB, begitu pun yang lainnya.

“Kami berharap tim teknis ini nantinya, lebih bisa melakukan percepatan-percepatan, karena seperti yang kita ketahui, sudah banyak keluhan dari masyarakat, kolaborasi dan koordinasi tim teknis dengan Dinas PTSP ini bisa ditingkatkan, supaya masyarakat bisa menikmati pelayanan yang baik”, pintanya.

Sehingga, ketika pelayanan cepat, pasti tingkat kepuasan mereka akan lebih tinggi, jadi dengan adanya hal tersebut Mudah-Mudahan bisa di wujudkan. Dengan menyatunya tim teknis ke Dinas PTSP ini, hendaknya dipercepat.

“Apalagi saat ini, melalui PTSP dengan inisiatif pak Kadis, ada beberapa Perwali yang harus disesuaikan kembali. Memang ada beberapa regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian, terkait dengan perizinan atau kewenangan yang melekat pada Pemda itu tidak lagi menjadi kewenangan”, tegasnya.

Terdapat beberapa kewenangan yang tidak sesuai lagi dengan Pemkot. Dalam Perwali itu memang sudah seharusnya untuk di revisi, berkaitan dengan hal tersebut tindak lanjut dari aturan perubahan Perwali ini pula, disusul adanya revisi tentang tim teknis.

Supaya peran-peran dari tim teknis ini, bisa menyatu dan berkolaborasi dengan PTSP, “saat ini Kadis yang bertanggungjawab penuh dalam tim teknis ini”, imbuhnya.

Kami berharap, ada orang-orang dari Dinas terkait yang di tugaskan ke PTSP selaku tim teknis, bisa mengkaji lebih cepat, dan berbaur di PTSP. Kedepannya Mudah-Mudahan tidak ada lagi berkas yang berproses di luar Dinas PTSP Kota Makassar.

Setelah direvisinya SK tim teknis ini, maka mereka semua bisa di tempatkan di semua PTSP. Beberapa inovasi-inovasi yang dilakukan oleh PTSP melalui izin online, diharapkan juga dapat membantu percepatan dalam mewujudkan pelayanan yang prima di Pemkot Makassar ini, tutup Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan A, Dinas PTSP Kota Makassar, Faisal Burhan.

Penulis : M. Haidar Sudarman

ads
ads
ads

Video

Leave a Reply