Ketua BPC Hipmi Torut Minta Stakeholder Perhatikan UMKM Di Daerah

Ketua BPC Hipmi Torut, Memamerkan Produk UMKM Dari Daerahnya, (19/06)

ads
ads

Tajukutama.com, Makassar – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar kegiatan yang bertajuk Hipmi Sulsel Expo 2021, dengan mengusung tema ‘Local Pride Strenghtening On Pandemic Recovery’, di Phinisi Point Makassar, 18 hingga 20 Juni 2021. Acara ini turut di hadiri sekaligus membuka secara langsung acara Hipmi Sulsel Expo 2021, Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Acara ini diikuti oleh Badan Pengurus Cabang (BPC) di 24 Kabupaten/Kota, 30 Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM). setiap BPC membawa tiga hingga empat usahanya dari kearifan lokal daerahnya masing-masing.

Salah satu Kabupaten yang ikut pada gelaran ini adalah BPC Hipmi Toraja Utara, melalui Ketuanya Syahrul Jamaluddin, mengungkapkan, motivasi kami ikut dalam Hipmi Sulsel Expo 2021 ini, adalah untuk mensejajarkan pengusaha-pengusaha di daerah kami dengan Pengusaha yang sudah berskala nasional, Sabtu, (19/06/2021), di Phinisi Point Mall Makassar.

ads
ads

Melalui Hipmi Sulsel Expo 2021 ini, kami hadir membawa UMKM-UMKM dari Toraja Utara untuk di perkenalkan di Provinsi Sulsel, “Mudah-Mudahan kedepannya, UMKM-UMKM kami bisa mendunia, dengan produk-produknya, walaupun itu harus ada campur tangan dari Pemerintah, untuk masalah pendampingan, mulai dari permodalan, perizinan, dan edukasi-edukasi terkait packaging-packaging sebuah kemasan produk UMKM”, jelasnya.

Kami berharap penuh dengan adanya kegiatan ini, kami dari BPC Hipmi Toraja Utara, meminta kepada stakeholder yang ada di Sulsel, untuk lebih memperhatikan UMKM karena ini adalah sebuah gerakan usaha yang berasal dari rakyat, kekuatan-kekuatan grassroot inilah yang bisa menjalankan roda perekonomian di daerah.

BPC Hipmi Toraja Utara ini, sebagai fasilitator dan memberikan motivasi serta dukungan terhadap pengusaha-pengusaha muda khususnya yang bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif.

“Jadi BPC Hipmi Torut, senantiasa memberikan ruang untuk mempromosikan produk-Produk mereka, selanjutnya kami mengajak semua pengusaha-pengusaha muda khususnya di daerah ini untuk bergabung dan berkolaborasi bersama kami untuk mengembangkan usaha-usaha yang selama ini mereka jalani”, imbuh pria yang akrab disapa Ayyung.

Seperti yang telah diketahui, Syahrul Jamaluddin, di lantik menjadi Ketua BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Toraja Utara periode 2020-2023, pada Sabtu (22/01/2020) lalu.

Setelah dikukuhkan menjadi Ketua, ia pun dihadapkan dengan sebuah masalah yaitu pandemi covid-19, “akhirnya kami hanya sempat melakukan pendampingan-pendampingan secara menyeluruh kepada sebagian pengusaha UMKM”, ungkap Ayyung.

Selain itu, Ayyung menegaskan, segi permodalan merupakan sebuah tantangan besar buat kami, sebagai pengurus BPC Hipmi Torut, “saya yakin, masalah yang sama pun, dirasakan oleh BPC-BPC Hipmi lainnya, yaitu akses perbankan atau BUMN”.

Hal inilah yang selalu kami suarakan, mulai dari Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi Sulsel, hingga Badan Pengurus Pusat (BPP), terkait pemberian stimulan kepada pengusaha-pengusaha yang ada di daerah.

Sekali lagi saya berharap, UMKM di daerah kami ini bisa berkembang lebih besar lagi, produk-produknya bisa sejajar dengan yang ada di skala nasional. BPP, BPD, dan BPC Hipmi, hendaknya saling berkolaborasi untuk bisa membangkitkan usaha-usaha atau bisnis-bisnis yang ada di daerah, tutup Ayyung.

Penulis : M. Haidar Sudarman

ads
ads
ads
ads
ads
ads
ads
ads

Video

Leave a Reply