Kabag Pemerintahan Pemkot Makassar Fokus Percepatan Penegasan Batas Daerah

ads
ads

Tajukutama.com, Makassar – Percepatan Penegasan Batas Daerah (PBD) antara Kota Makassar dan Kabupaten Gowa akan memasuki tahapan verifikasi lapangan.

Hal ini setelah dilakukannya Rapat Koordinasi Pembahasan PBD Makassar-Gowa yang dilaksanakan bersama Tim Percepatan PBD Kementerian Dalam Negeri di Command Center, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu, (05/05/2021) lalu. Dalam pertemuan tersebut telah disepakati bersama terkait batas daerah tersebut.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Pemkot Makassar, A. Mappanyukki, mengungkapkan, saat ini kami memang sedang fokus terhadap Penegasan Batas Antar Daerah, dan Penegasan Batas Antar Kelurahan di Kota Makassar, Kamis, (17/06/2021), di ruang kerjanya.

ads
ads

“Sekarang ini, penentuan batas antara Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa telah memasuki tahap finalisasi, kesepakatan sudah ada, tinggal penunjukan titik koordinat dan sebagainya, selanjutnya hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Kementerian Dalam Negeri untuk menerbitkan Permendagri tentang penegasan batas antar daerah khususnya Makassar-Gowa”, jelasnya.

Titik koordinat inilah yang sampai sekarang dipakai untuk menentukan patok batas Makassar-Gowa dan dulu dilakukan oleh Topografi Kodam disingkat Topdam, pada tahun 1996. Setelah ada kepastian batas antar kedua wilayah ini, kepastian hukumnya sudah jelas.

“Kalau berbicara keduanya, sebagian besar wilayah Kota Makassar dulunya merupakan milik Kabupaten Gowa”, kilah A. Mappanyukki.

Selanjutnya, dari segi tata ruang sudah pasti, begitu juga dengan kependudukan dan kepemilikan, itu semua sangat terkait. Selanjutnya terdapat empat pihak yang terlibat dalam penentuan batas wilayah ini yaitu, Pemkot Makassar, Pemkab Gowa, Pemprov Sulsel, dan Kemendagri.

“Kalau kesepakatan untuk batas ini, Insha Allah bisa terealisasi dalam satu hingga dua Minggu, tapi tergantung payung hukum yang akan diturunkan, dalam hal ini Kemendagri”, ucap Kabag yang memiliki selera humor tinggi ini.

Saat ini pilar patok yang terdapat di perempatan Jalan Alauddin Makassar dan Sultan Hasanuddin Gowa, sudah bisa di jadikan batas, cuma lagi-lagi payung hukum yang harus jelas yaitu Permendagri.

Kalau skala Kota Makassar, akan dilakukan pada tahun ini, walau pun belum secara menyeluruh, tahun lalu telah di gelar di beberapa Kecamatan, antara lain di Panakukang, Biringkanayya, Tamalanrea, dan Manggala, tutup A. Mappanyukki.

Laporan : Muhammad Haidar

ads
ads
ads
ads
ads
ads
ads
ads

Video

Leave a Reply