Legislator Sulsel Tolak Sekolah Pertanian Pembangunan Dilebur ke Poltek Negeri Bone

ads

 Tajukutama.com, Bone РBeredar kabar bahwa Sekolah Pertanian Pembangunan/Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SPP/SUPM) Kabupaten Bone yang telah menelorkan sebanyak 36 angkatan peserta didik tersebut ditutup oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan dan dilebur ke Politeknik Negeri Bone.

Hal tersebut pun membuat salah satu anggota Komisi E Bidang Kesejahteraan Rakyat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Irwandi Natsir angkat bicara.

Dengan demikian, pihaknya meminta agar pemerintah provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) segera mengambil alih sekolah tersebut, sesuai yang tertuang dalam undang-undang 23 tahun 2014 tentang kewenangan pemerintah daerah. Di mana sekolah setingkat menengah atas, dikelola oleh pemprov.

ads
ads

“Sekolah tersebut tidak boleh ditutup atau dilebur Politeknik Negeri Bone. Pemerintah provinsi harus segera mengambil alih sekolah itu sesuai kewenangan yang diatur undang-undang. SPP/SUPM ini kan setara SMA, seperti SMK, sekolah kejuruan yang dikelola pemerintah provinsi,” ungkap Alumni SPP Bone ini, Jumat (4/6/2021).

Lebih lanjut katanya, dia bersama alumni lainnya menolak keras penutupan sekolah tersebut. Sebab sekolah tersebut telah banyak menelorkan tokoh-tokoh yang berkiprah di lokal maupun nasional.

“Kami para alumni menolak penutupan itu dan meminta pemerintah provinsi segera mengambil alih sekolah itu,” tegas legislator Sulsel Dapil Bone tersebut.

Pertimbangan kedua, lanjut Irwandi, SPP/SUPM masih sangat dibutuhkan dalam pembangunan SDM saat ini, terutama pada sektor perikanan.

“Mengingat kondisi geografis Indonesia didominasi sektor pertanian dan sektor kelautan,” tandasnya. (*)

ads

Video

Leave a Reply