IKA SMA 4 Makassar Gelar Halal Bi Halal

ads

Tajukutama.com, Makassar – Ikatan Alumni SMA Negeri 4 Makassar (IKA Smapat), menggelar kegiatan Halal Bi Halal dengan mengusung tema ‘Mempererat Silaturrahmi Dalam Normalisasi Era Pandemi Covid-19, di Hotel Four Point by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Senin, (31/05/2021) malam. Dan dihadiri kurang lebih 1000 orang.

Pembina IKA SMA Negeri 4 Makassar, sekaligus mantan Sekretaris Daerah Kota Makassar, Ibrahim Saleh, mengungkapkan, lima tahun yang lalu IKA ini terbentuk, tepatnya pada tanggal 09 Oktober 2016, melalui suatu proses Musyawarah Besar (Mubes).

Mubes tersebut pesertanya merupakan perwakilan dari seluruh angkatan. Mulai dari angkatan 1967 sampai dengan 2020, IKA Smapat ini terbentuk sebagai koordinator-koordinator angkatan-anhkatan yang ada. “Bukan personality tapi angkatannya”, tegas Ibe’ sapaan akrab Ibrahim Saleh.

ads
ads

Di waktu itu pula, Pengurus IKA SMA Negeri 4 dilantik dan di kukuhkan oleh Wakil Gubernur pada saat itu, Agus Arifin Nu’mang, di Hotel Makassar Golden Hotel (MGH). Seiring berjalannya waktu, 4 tahun kemudian tepatnya di November 2021 di adakan Mubes kedua kalinya, dan terdapat lima calon.

“Dari lima calon yang maju gugur dua, jadi tinggal 3 calon yang mengemuka, lalu mundur satu lagi, jadi sisa dua calon. Nah terjadilah ‘Head to Head’ antara Irwan Adnan (saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar, red) dengan Hj. Normawati Ridwan”, jelasnya.

Selanjutnya, dilakukanlah proses pemilihan secara demokrasi dan terbuka, yang sebelumnya diawali dengan pemaparan visi misi antara kedua calon Ketua IKA SMA 4 Makassar, namun pada akhirnya Hj. Normawati lah yang menang dengan perolehan suara selisih 30 suara dengan Irwan Adnan.

Namun pihak Irwan Adnan tidak puas dengan proses pemilihan itu dan menganggap hal itu tidak sah, Jekkong (bahasa makassar yang artinya curang, red), dan lain sebagainya. Padahal menurut Ibe’, surat suara itu di buka di depan peserta Mubes.

“Kami ini selaku Pembina-Pembina IKA, juga dipilih sama angkatan, bukan memasang dan menawarkan diri”, tambah Ibe’.

Setelah terpilihnya kami semua sebagai Ketua Umum dan Pembina IKA, maka di buatlah rapat formatur lalu menyusun pengurus serta dikukuhkan pada 13 Februari 2021 oleh Sekda Provinsi Sulawesi Selatan.

Namun, Sekda Sulsel mendapatkan perintah dari Gubernur Nurdin Abdullah pada saat itu untuk ke Jakarta, maka di tunjuklah, Prof. Muh. Jufri selaku Kadis Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, untuk menggantikan.

“Prof. Jufri akhirnya mengukuhkan kami dan membacakan sambutan tertulisnya pak Sekda, dalam salah satu poin dalam sambutannya di ketahui, Kadis Pendidikan Sulsel ini ingin IKA SMAN 4 ini sebagai satu-satunya perkumpulan yang mengikat seluruh alumni dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di SMA 4”, imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum IKA SMA Negeri 4 yang sah, Hj. Normawati Ridwan, mengatakan, setelah Halal Bi Halal ini, saya mengajak kepada seluruh alumni untuk terus menjaga persatuan dan tali silaturrahmi tetap kuat.

Selanjutnya, menjaga harkat dan martabat serta marwah dari IKA SMA Negeri 4 Makassar ini, jalinan persaudaraan juga persahabatan harus lebih erat lagi, supaya seluruh alumni dapat merasakan manfaat beralumni itu.

“Alhamdulillah, saat ini kami sedang melakukan pembangunan sekretariat di Smapat Makassar, In Sha Allah kita akan berkegiatan di sana dengan berbagai macam program dari setiap Kompartemen, setelah pengukuhan itu kami sudah langsung ‘action’ untuk menggelar berbagai macam program”, tutup Hj. Norma.

Penulis : M. Haidar Sudarman

ads

Video

Leave a Reply