Toko Buku Intuisi Makassar Akan Tutup, Alihkan ke Usaha Kuliner

ads

Tajukutama.com, Makassar – Kabar duka datang dari kawan literasi. Pasalnya intuisi akan segera tutup sementara, bahkan bisa juga selamanya.

Intuisi adalah sebuah toko penjualan buku-buku yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Alamat lengkapnya ada di jalan Tidung 10 No. 296, Makassar.

Kabar terkait akan ditutupnya toko buku intuisi dikabarkan langsung melalui akun official Instagram @bukuintuisi.

ads
ads

“Intuisi akan tutup. Mungkin hanya sementara. Bisa juga untuk selamanya. Tiada yang tahu persis apa yang akan terjadi kedepannya,” tulis di akun @bukuintuisi, Sabtu (29/5/2021).

Nantinya, toko buku intuisi ini akan dialihkan untuk membuka usaha kuliner. Karena menurutnya dengan usaha kuliner, tingkat capaian perekonomian akan lebih baik jika dibandingkan dengan berjualan buku.

“Hasil penjualan buku di hari-hari terakhir ini akan kami alihkan untuk membuka usaha kuliner yang mungkin lebih prospek pada masa resesi ekonomi seperti ini. Buku-buku yang tersisa akan kami obral sesuai harga yang penerbit berikan ke kami,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, pengelola toko buku intuisi meyakini bahwa minat baca dan tulis Bangsa Indonesia cukup tinggi. Bahkan dalam lima tahun terakhir, jumlah pengajuan ISBN di perpusnas naik signifikan.

“Geliat menulis dan menerbitkan buku pun kian tersebar, tidak hanya terpusat di Jawa. Di Sulawesi Selatan, jumlah pengajuan ISBN pada 2016 hanya 511, sedangkan pengajuan ISBN pada 2020 mencapai 2.552 judul buku,” ungkapnya merincikan.

Dengan demikian, pengelola toko buku intuisi menginformasikan untuk teman-teman yang ingin membeli buku untuk dijual kembali, silahkan mengambil dari mereka. Dipastikan harga yang diberikan setara dengan harga yang diberikan penerbit.

“Bagi teman-teman yang ingin buku dengan harga terjangkau, silakan ke Intuisi. Teman-teman yang mungkin berminat berjualan buku, juga bisa ambil dari kami. Karena harganya sama jika teman-teman ambil langsung di penerbit. Bahkan mungkin akan lebih irit, karena teman-teman tidak dibebani ongkir dari Jawa,” ujar pengelola toko buku intuisi.

“Sampai hari ini, kami masih. Kami tegaskan, Intuisi tutup bukan karena kalah oleh minat baca masyarakat yang rendah. Melainkan oleh beberapa keputusan bisnis yang keliru, sehingga kian menjerumuskan Intuisi dalam krisis finansial. Terima kasih untuk semua pihak yang punya kenangan manis di Intuisi. Salam Literasi,” tutupnya.

ads

Video

Leave a Reply