Selama Masa Pandemi, LP3I Makassar Terapkan Proses Perkuliahan Daring

ads

MAKASSAR, TAJUKUTAMA.COM – Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk di Indonesia, ini menyebabkan kepanikan luar biasa bagi seluruh masyarakat, juga meluluh lantakkan seluruh sektor kehidupan, tidak terkecuali bagi dunia pendidikan.

Senada dengan hal tersebut, Kabid Pemasaran Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Makassar, Awaluddin, mengungkapkan, proses pembelajaran di kampus ini selama masa pandemi covid-19, 80 persen menggunakan sistem daring, Kamis, (27/05/2021).

“Memang terdapat beberapa materi praktikum, tentu hal ini tidak bisa dilakukan secara daring, tetapi harus digelar secara tatap muka di kampus ini, namun tetap di bagi kelas mahasiswanya dari jumlah normalnya, biasanya mahasiswa kami di kelas jumlahnya antara 25 sampai 30 orang, di masa pandemi ini hanya 15 orang”, tegasnya.

ads
ads

Saat ini seluruh materi pembelajaran di kirim secara online ke e-mailnya atau grup-grup mahasiswa, jadi dosen mengirimkan materi ke sana dan dipelajari sebelum mengikuti proses pembelajarannya.

“Di semester VI ini, anak-anak sudah melaksanakan kegiatan tugas akhir, jadi untuk konsultasi mereka lebih intens bertemu dengan dosennya baik melalui daring maupun secara langsung”, tambah Awal.

Kalau untuk proses perkuliahan secara normal seperti sediakala, tentunya tinggal menunggu petunjuk teknis dari pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan, kalau mereka sudah memberikan ‘lampu hijau’, maka kami siap, bahkan dalam proses pembelajaran tatap muka, Politeknik LP3I sudah menerapkan prokes.

“Kami senantiasa menghimbau kepada anak didik kami untuk tidak berkumpul, jika selesai aktivitasnya di kampus, mereka kami wajibkan untuk pulang ke rumahnya masing-masing”, imbuhnya.

Di dunia pendidikan ini kami menemukan banyak kendala, terutama dalam penurunan kualitas dari anak didik di LP3I dari tahun kemarin, karena pembelajaran secara daring itu sedikit memberatkan mereka dalam penyerapan ilmunya, hal ini kami dapatkan dari mitra-mitra kami, karena pada saat anak-anak kami mengikuti tes di perusahaan tersebut, banyak menemui kegagalan.

Mudah-Mudahan Pandemi covid-19 segera berakhir sehingga proses perkuliahan di kampus LP3I Makassar ini kembali normal seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga apa yang kita harapkan bersama yaitu peningkatan kualitas anak didik, bisa segera terwujud, tutup Kabid Pemasaran LP3I Makassar, Awaluddin.

Penulis : M. Haidar Sudarman

ads

Video

Leave a Reply