Empat Fokus Arah Kebijakan Pemkab Gowa Dalam Keberlanjutan Pembangunan

ads

GOWA, TAJUKUTAMA.COM – Dalam melanjutkan pembangunan pada kepemimpinan Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan – Abd. Rauf Malaganni (Adnan-Kio), kembali mencanangkan sejumlah kebijakan yang akan mendorong hal tersebut. Di mana ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2021-2026 atau lima tahun mendatang.

Bupati Adnan mengatakan, RPJMD merupakan dokumen yang dianggap sangat penting sebagai pedoman arah pembangunan dalam rangka menuju Kabupaten Gowa yang lebih baik lagi di masa akan datang. RPJMD ini sebagai penjabaran dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati Gowa.

“Makanya kami minta agar disusun dengan sebaik-baiknya dan sejalan dengan visi misinya kami di periode kedua ini”, katanya, Selasa, (25/05/2021).

ads
ads

Di tahun ini, ada empat arah kebijakan pembangunan yang akan didorong oleh Pemkab Gowa sesuai yang ada dalam RPJMD dengan mengikut pada visi pembangunan Adnan-Kio di lima tahun mendatang.

Pertama, membentuk masyarakat yang unggul dan tangguh melalui tata kelola pemerintahan yang baik. Kebijakan yang dilakukan salah satunya meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang unggul dan inklusif.

Kedua, memperkokoh kemandirian ekonomi daerah berbasis sumber daya lokal dan teknologi.

“Hal ini kita wujudkan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat. Misalnya melalui UMKM dan koperasi”, imbuhnya.

Ketiga, meningkatkan infrastruktur yang berkualitas terintegrasi dan berwawasan lingkungan dan terakhir mengembangkan tata kelola pemerintahan yang inovatif melalui reformasi birokrasi dan pelayanan publik berkualitas.

“Saya berharap ikuti Musrenbang ini dengan baik sehingga semuanya memiliki kesamaan pandangan dalam menyusun program kerja empat sampai lima tahun kedepan”, harapnya.

Bupati Adnan mengaku, keberhasilan pembangunan Kabupaten Gowa di masa yang akan datang sangat ditentukan dengan perencanaan yang matang. Menurutnya, perencanaan yang baik dan matang, maka 60 persen keberhasilan sudah diraih, sedangkan 40 persennya ditentukan pada tataran implementasi.

“Maka Musrenbang RPJMD ini menjadi penting untuk kita satukan visi misi kita dan satu arah pembangunan kita. Oleh karena itu, saya berharap bapak dan ibu sekalian, ikuti Musrenbang ini dengan baik sehingga semuanya memiliki kesamaan pandangan dalam menyusun program kerja empat sampai lima tahun kedepan”, ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad dalam pemaparannya menyebutkan, sejumlah strategi agar arah dan Kebijakan Pembangunan Kabupaten Gowa sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2026.

Seperti pada misi pertama, meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang unggul dan inklusif, startegi yang akan dilakukan adalah meningkatkan layanan dasar pendidikan yang berkualitas, merata, terjangkau, dan berkarakter, melalui peningkatan mutu proses pembelajaran dan penumbuhan budaya literasi pada satuan Pendidikan dan masyarakat.

“Kemudian meningkatkan aksesibilitas dan Pemerataan kualitas layanan kesehatan bagi semua lapisan masyarakat, baik bersifat Promotif maupun Preventif”, jelasnya.

Kemudian terakhir meningkatkan pengarusutamaan gender dan pengarusutamaan hak- hak anak baik akses, partisipasi, manfaat maupun kontrol dalam proses pembangunan termasuk bagi kelompok disabilitas dan kelompok rentan lainnya.

“Untuk itu program prioritas yang dilakukan yaitu program Pemenuhan Hak Anak (PHA) dan program pemuda dan olahraga”, tutupnya. (*)

ads
ads
ads

Video

Leave a Reply