Dewan Pendidikan Kota Makassar Gelar Rakor

ads

MAKASSAR, TAJUKUTAMA.COM – Dewan Pendidikan Kota Makassar menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pendidikan 2021, dengan mengusung tema ‘Revolusi Pendidikan Dan Pendidikan Makassar Recover’, di Hotel Claro, Jalan A. P. Pettarani, Kota Makassar, Selasa, (25/05/2021).

Ketua Panitia Rakor Pendidikan 2021, Dr. Aminuddin Tarawe, M.M, mengungkapkan, kegiatan ini di gelar untuk memberikan pemehaman kepada semua stekholder pendidikan di Kota Makassar terhadap konsep revolusi pendidikan yang di gagas oleh Wali Kota, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

Hal ini juga sejalan dengan visi misi Wali Kota Makassar dan sudah tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Makassar, “Artinya, ini harus di jalankan oleh semua pihak dan mendukung semua yang telah di gagas oleh Wali Kota serta harus di sukseskan”, tegas Aminuddin Tarawe.

ads
ads

Revolusi Pendidikan yang di maksud oleh Wali Kota itu ada 3 (tiga), yaitu, Sekolah yang terintegritasi 9 tahun, Hibridisasi Pendidikan, dan yang terakhir Outing Class atau belajar di luar kelas.

“Hal inilah yang harus di jalankan oleh stekholder Pendidikan, mulai Kepala Sekolah dan Guru, Jadi ini hukumnya wajib untuk di laksanakan karena sudah tertuang dalam RPJMD serta wajib untuk di jalankan”, imbuhnya.

Outing Class ini tidak bisa instant, tadi itu Wali Kota sudah paparkan, di Makassar itu terdapat 15 Kecamatan, setiap Kecamatan itu satu sample, sekarang sudah di buat konsepnya, maka tahun depan sudah harus berjalan, minimal satu-satu dulu, dan itu juga sebagai pilot project.

Kalau ini berjalan dengan baik, maka ini akan menjadi ‘Sekolah Bintang Lima’, indikatornya adalah Sekolah yang sudah memenuhi delapan standar nasional pendidikan, di antaranya standar kelulusan, proses, dan lainnya.

Output dari kegiatan ini, adalah terdapat sebuah rekomendasi yang akan di sampaikan kepada pemerintah dalam hal ini Wali Kota Makassar, lalu ke Dinas Pendidikan untuk segera di jalankan. Turut hadir dalam kesempatan ini, Prof. Arismunandar, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. Jufri, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Dr. Muharram, Komite Sekolah, dan Pengawas, tutup Dr. Aminuddin Tarawe, M.M.

Penulis : Haidar Sudarman

ads

Video

Leave a Reply