Solusi Atasi SIM Card Tidak Terbaca di Smartphone

ads

Tajukutama.com,  — SIM Card merupakan komponen utama yang digunakan sebagai sarana komunikasi, Hingga beberapa kasus pun sering bermunculan, salah satunya yakni SIM Card yang tidak terbaca.

Namun, tidak perlu khawatir, sebab terdapat beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk memlakukan perbaikan SIM Card yang tidak terbaca.

  1. Bersihkan SIM Card, Buka dan lepaskan Kartu SIM yang tidak terbaca dari slot Smartphone/Hp yang tersedia, kemudian bersihkan dari debu-debu yang mengganggu kinerja kartu SIM. Setelah itu, aktifkan kembali Smartphone/Hp dan tinggu hingga SIM menanggapi serta terhubung ke jaringan komunikasi.
  2. Matikan Smarphone dan Coba SIM Card Lain, Jika langkah pertama belum berhasil, bisa mencoba menggunakan SIM Card lainnya dengan melakukan hal yang sama pada SIM Card lainnya untuk mendeteksi kerusakan. Jika SIM lain ternyata berfungsi, maka salah satu dugaan yang anda pikirkan memang benar yakni SIM Card tersebut rusak.
  3. Atur Ulang Jaringan, Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan melakukan mengatur ukang jaringan di smarphone/hp, ataupun dengan cara mengatur ualang secara manual melalui menu Setting>Network&Internet>Mobile Network>Acces Point Names. Hingga anda tinggal mengatur secara manual APN yang digunakan sesuai dengan jaringan dan operator selular yang digunakan.
  4. Aktifkan Mode Pesawat, Jika dengan merestart smartphone/Hp SIM Card tidak menyelesaikan masalah, Maka bisa mencoba dengan beralih ke Mode Pesawat.  Ketuk untuk mengaktifkan fitur Airplane Mode. Kemudian setelah itu tunggu satu menit dan matikan kembali Airplane Mode. Maka akan kembali mencari jaringan.
  5. Bersihkan Cache dan Junk File, dengan cara, Silahkan masuk ke Settings>Storage>Internal Storage>Cached Data.
  6. Periksa IMEI Android, mungkin bisa saja dicoba mengecek nomor IMEI dengan cara buka menu Panggilan> ketikkan kode rahasia *#06# > kemudian periksa, apakah ada nomor IMEI yang muncul atau tidak. Kalau muncul nomor seri IMEI, periksa kembali dengan nomor IMEI di Kardus smarphone/HP yang anda miliki.
  7. Update OS Android, buka menu peraturan, lalu pembaruan sistem, selanjutnya, ikuti langkah-langkah update sistem berdasarkan panduan dari Smartphone/Hp

ads
ads
ads
ads
ads

Video

Leave a Reply