Pesona Hutan Karst Rammang-Rammang, Siap Masuk UNESCO Global Geopark

ads

Hutan Karst Rammang Rammang Maros-Pangkep saat ini tengah masa persiapan menuju UNESCO Global Geopark, hal ini diungkapkan oleh Deddy, Kepala Penanggung Jawab pengelola Wisata Karst Rammang Rammang Maros-Pangkep. Jumat, 11 Desember 2020.

Berbagai upaya persiapan turut dilakukan mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan administirasi yang sudah hampir rampung.

Berdasarkan informasi yang diberikan, Tim pengamat dari Unesco direncanakan akan datang berkunjung pada Juni 2021.

ads

“Tim pengamat dari Unisco akan datang di bulan Juni untuk melakukan survey kelayakan hutan Karst Rammang Rammang menjadi Geopark International,” ungkap Deddy.

Berhubungan dengan rencana kunjungan tersebut, tim pengelola secara intens mengadakan sosialisasi dan melibatkan masyarakat langsung sebagai pelaku usaha. Karena eko-wisata Karst Rammang Rammang ini difokuskan pada pemberdayaan masyarakat , mereka dilatih agar siap menerima wisatawan dalam negri maupun mancanegara.

Masyarakat setempat khususnya di Kampung Berua yang menjadi destinasi objek wisata kunjungan tim pengamat dari Unesco lebih dipersiapkan, termasuk cakap berbahasa inggris.

Sudah ada fasilitas yang memadai, seperti tempat menginap, naik perahu sembari menyisiri keindahan panaroma alam Karst Rammang-Rammang. Fasilitas-fasilitas, serta tempat hiburan menyenangkan lainnya untuk mengabadikan moment manis pengunjung hadir di wilayah Rammang Rammang. Pengadaan fasilitas dihadirkan langsung oleh para kontributor.

Kawasan wisata Karst Rammang-Rammang Maros-Pangkep, memiliki perbedaan dengan destinasi wisata yang ada di Maros seperti Bantimurung dan Leang – Leang yang dikelola langsung oleh Pemerintah.

Karst Rammang-Rammang memiliki ciri khusus tersendiri yang dikelola langsung oleh masyarakat sebagai bentuk kesadaran kemandirian penduduk setempat. Kemudian diapresiasi oleh Pemerintah dengan mengusulkan Kawasan Wisata Karst Rammang Rammang Maros-Pangkep ke Geopark Unisco.

“Eko-wisata kali ini difokuskan untuk bagaimana masyarakat bisa kerja mandiri dan tentu diapresiasi oleh Pemerintah.”

Sebelumnya, Objek wisata karst Rammang-rammang yang berada di Desa Salenrang, Maros, Sulawesi Selatan, telah resmi menyandang status Taman Nasional Geopark di Indonesia, tahun 2017.

 

 

ads

Video

Comment