Korupsi Menggurita, di Mana Negara?

ads

Tajukutama.com, Makassar – Miris! kasus pejabat mengambil yang bukan haknya seakan tak pernah sepi mewarnai perpolitikan di negeri ini. Terbaru beberapa waktu yang lalu kembali KPK menangkap tersangka koruptor, kali ini Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dalam operasi tangkap tangan (OTT). Selain Edhy Prabowo, KPK juga mengamankan sejumlah orang di Depok, Jawa Barat.

KPK mengamankan sejumlah pihak di beberapa lokasi, di antaranya Jakarta dan Depok, Jabar. Termasuk di Bandara Soekarno-Hatta (25/11/2020).

Sungguh adanya kasus ini menambah daftar hitam perilaku para pejabat di negeri ini. Sungguh ironi, negeri masih dilanda wabah, belum ada yang bisa memastikan kapan covid-19 akan berakhir. Di sisi lain rakyat hidup dalam keadaan yang serba tidak menentu dengan berbagai himpitan beban kehidupan. Belum lagi masalah bangsa yang tak menemui solusi. Rasanya tak elok dan tak berbudi pekerti seorang pejabat masih harus kriminal korupsi. Mereka sudah hidup berlebih, dan sebagai panutan harusnya memberi contoh baik untuk seluruh rakyat negeri ini.

ads

Ya, masalah korupsi memang seakan tak pernah berhenti dan pergi dari masalah bangsa ini. Kasus yang sebelumnya saja belum selesai bahkan menghilang seperti kasus Harun Masiku yang buron tersangka korupsi hingga bertahun-tahun tak tersentuh hukum. Kini datang lagi masalah baru dengan kasus sama korupsi.

Ada apa? apa sebenarnya yang menyebabkan kasus korupsi semakin menjamur di tanah air? inilah yang publik pertanyakan. Padahal KPK sudah dibentuk, namun bukannya korupsi minggat malah semakin menjadi. Di sinilah perlu adanya solusi komprehensif untuk menghentikan persoalan ini. Pertama harus ada kepemimpinan yang tegas menegakkan hukum dan tak pandang bulu, kedua adanya hukuman yang berat bagi pelaku agar mampu membuat jera. Ketiga ketakwaan individu mesti dijaga oleh negara.

Terpenting adalah sistem aturannya, sebab ini faktor yang menentukan. Korupsi semakin marak di negeri ini tersebab sistem politiknya yang memberikan ruang dan kesempatan bagi siapa saja berbuat kejahatan termasuk korupsi. Maka mesti dirombak semua lini kalau mau korupsi hilang dari negeri ini. Semua ini sejalan dengan bagaimana sistem Islam memberikan aturan tentang memberantas korupsi. Mencontoh dan mengikuti kepemimpinan Islam niscaya negeri ini akan berkah jauh dari berbagai maksiat dan kriminalitas.

Penulis: Nelly, M.Pd. (Dosen dan Pemerhati Sosial Masyarakat)

ads

Video

Comment