Taati Protokol Kesehatan Karena Ada Hak Orang Lain dalam Setiap Perbuatan Kita

ads

Tajukutama.com, Makassar – Sudah 8 bulan lamanya Indonesia dilanda pandemi, hingga kini kasus Covid masih beranjak naik. Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Rabu pukul 12.00 WIB, ada penambahan 3.356 kasus baru Covid dalam 24 jam terakhir.

Dengan demikian, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 421.731 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020. (4/11).

Jumlah yang terus meningkat tersebut, tentu ada andil dari kita semua. Untuk sementara cara teraman yang dapat dilakukan adalah dengan mentaati protokol kesehatan yang telah disosialisasikan oleh pihak terkait, baik melalui media cetak maupun online. Sebagaimana anjuran 3M yaitu Memakai masker saat keluar rumah, Mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di luar rumah dan Menjaga jarak minimal 2 Meter dengan orang lain. Upaya inilah yang setidaknya mengurangi persebaran virus karena dalam ketaatan kita, ada hak orang lain untuk juga ingin terlindungi dari virus.

ads

Kerjasama ini memang tidak bisa dilakukan oleh salah satu pihak saja, tapi perlu kerjasama dari semua elemen masyarakat dan pemerintah. Dari pihak pemerintah tetap terus mengawasi dan mengawal masyarakat untuk taat protokol kesehatan dengan menyediakan masker dan layanan kesehatan yang memadahi juga melakukan pemeriksaan spesimen terhadap orang. Sedangkan dari pihak masyarakat tidak ada alasan untuk tidak taat protokol kesehatan, karena jika tidak, maka akan mengancam nyawa orang lain, selain itu perlu terus mengakses informasi berkenaan dengan pandemi.

Harapannya, setelah ini semua dilakukan maka persebaran virus semakin berkurang setiap harinya, serta angka pasien sembuh semakin banyak, sehingga negeri ini kembali pulih dari keterpurukan sebab pandemi.

Penulis: Nur Rahmawati, S.H. (Praktisi Pendidikan Sampit, Kalimantan Tengah)

ads

Video

Comment