Ombudsman Kota Makassar Gelar Training Soft-skill Pelayanan Publik, Ini Tanggapan Peserta

ads

Sejumlah petugas pelayanan publik sektor Puskesmas dan Kecamatan mengikuti kegiatan pelatihan yang diadakan Ombudsman Kota Makassar dengan tema “Training Soft-skill Pelayanan Publik Lingkup Kecamatan dan Puskesmas se-Kota Makassar” di Hotel Grand Maleo, Kamis 26 November 2020.

Training yang dibawakan langsung Ketua Komisioner Ombudsman Makassar Andi Ihwan Patiroy dan wakilnya Nur Fitratullah Abbas guna memberikan pemahaman kepada petugas pelayanan baik di puskesmas maupun di kecamatan, terkait bagaimana cara melayani dan metode pelayanan yang  tepat untuk publik.

“Ini juga trekait soft-skill yang perlu dimiliki petugas pelayanan,” kata Andi Ihwan Patiroy.

ads

Sampai pada sesi Tanya-jawab, Petugas diberi kesempatan untuk bertanya  apa saja yang kurang dipahami mengenai pelayanan publik.

Diantaranya dari Puskesmas Dahlia, Kecamatan Mariso Muslim Haris, mendapat kesempatan untuk bertanya. Dirinya mengaku pernah mendapatkan komplain dari warga ingin bertemu langsung dengan pimpinan, dia bertanya apa yang harus dilkakukan jika berada kembali disituasi seperti iitu.

Andi Ihwan Patiroy menjelaskan, merujuk pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, bahwa seseorang dapat melakukan komplain kepada atasan ataupun kepada petugas yang sedang bekerja.

Pertanyaan kedua masih dengan orang yang sama, terkait bentuk – bentuk maldministrasi, Andi Ihwan Patiroy juga memaparkan beberapa bentuk pelanggaran maldministrasi.

“Ada bebepa bentuk pelanggaran maldministrasi di lingkup pelayanan publik, diantaranya pelayanan tidak sesuai urutan, pungutan diluar ketentuan, tidak ada tanda terima pembayaran yang diserahkan ke customer, memperpanjang/memperpendek complain dan penyelesaian layanan tidak tepat waktu,” jelas Andi Ihwan Patiroy.

Muslim Haris, mewakili rekan seprofesinya memberi tanggapan kegiatan yang diadakan oleh Ombudsman ini sangat membantu untuk lebih mempersiapkan diri utamanya dalam hal pelayanan publik, juga meninjau kembali permasalahan yang ada di lapangan saat bertugas..

“Kegiatan yang diadakan Ombudsman tentu sangat membantu kami untuk lebih memahami pelayanan publik dan semoga ke depannya Ombudsman juga hadir di daerah lain,” tuturnya.

Diketahui sejumlah peserta yang hadir yaitu Puskesmas Dahlia, Mariso, Panambungan, Pertiwi, Mamajang, Barombong, Makasau, Jongaya, Maccini Sombala, Tamalate, Minasaupa dan Puskesmas Layang. Serta enam Kecamatan dari Tamalanrea, Rappocini, Tallo, Mamajang, Mariso dan Makassar.(*)

 

ads

Video

Comment