Forum KS Desa Tanakaraeng Gelar Dialog Tematik Bertajuk Membangun Kebersamaan untuk Indonesia Damai

ads

Tajukutama.com, Gowa – Forum Keserasian Sosial (KS) Batunapara Desa Tanakaraeng Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa mengadakan kegiatan Dialog Tematik yang berlangsung di Kantor Desa Tanakaraeng. Sabtu, (31/10/2020).

Kegiatan dialog ini merupakan salah satu rangkaian dari program kegiatan Keserasian Sosial yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial RI melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) dengan tema kegiatan “Membangun Kebersamaan untuk Indonesia Damai”.

Desa Tanakaraeng merupakan salah satu Desa di Kabupaten Gowa yang mendapatkan bantuan Program ini yang dananya langsung dari Kementerian Sosial melalui rekening Forum yang telah dibentuk sebelumnya.

ads

Program Keserasian Sosial bertujuan untuk mendeteksi secara dini potensi-potensi konflik yang rawan terjadi di masyarakat sekaligus sebagai bentuk pencegahan terhadap potensi konflik tersebut.

Bantuan Keserasian Sosial dialokasikan untuk dua aspek yaitu pembangunan sarana dan prasarana fisik dan kegiatan seremonial. Pembangunan fisik dilaksanakan perbaikan Jalan dengan Paving Blok dan kegiatan seremonial dilaksanakan berupa Dialog Tematik atau Sarasehan Keserasian Sosial seperti yang terlaksana pada hari ini.

Adapun peserta yang dihadirkan dalam kegiatan ini yaitu melibatkan Para Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa, Kepala Dusun, ketua RT/RW sedesa Tanakaraeng, Ketua dan Anggota BPD, dan para masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan ini.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial H. Abd. Azis, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa H. Syamsuddin B., S.Sos., M.Si. MH., Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Gowa Asrianty, S.STP., M.Si., Camat Manuju yang diwakili oleh Kasi PMD Ismail Rasang, S.Sos., Kepala Desa Tanakaraeng H. Sampara, S.Sos., Babinkamtibmas Tanakaraeng H. Nurdin, Babinsa Tanakaraeng Usman dan Pendamping KS Desa Muh. Jufri, S.Si.

Menurut Kadis Sosial Kabupaten Gowa H. Syamsuddin B., S.Sos., M.Si., MH. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Keserasian Sosial yang di terima Forum langsung dari Kementerian Sosial harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan mengedepankan prinsip Kejujuran, Keikhlasan, Transparansi dan sesuai dengan protap yang ada.

“Jika ini dilaksanakan dengan baik maka tunuan dari program ini dapat tercapai dengan baik yaitu mewujudkan masyarakat yang serasi, harmonis, dan damai. Sesuai dengan tema kegiatan bahwa kebersamaan akan melahirkan perdamaian sehingga segala potensi konflik akan diredan dengan sendirinya,” tambah Syamsuddin.

Diakhir sambutannya beliau berpesan kepada Forum sekaligus menitipkan program ini untuk dilaksanakan dengan sebaikgbaiknya sesuai dengan prosedur yang ada, dana yang diberikan oleh kementerian sosial dipergunakan sesuai dengan peruntukannya dan dipertanggungjawabkan secara benar dan tepat.

Selain itu, Muh. Jufri, S.Si. Selaku Pendamping Keserasian Sosial di Desa Tanakaraeng berharap bahwa program ini mampu meminimalisir potensi konflik dan kecemburuan sosial dari masyarakat sekitar, selama ini daerah Batunapara minim dengan sentuhan program kegiatan pemerintah khususnya dibidang pembangunan sarana dan prasarana.

“Dengan adanya bantuan dari Kemensos lewat program ini maka dibangunlah jalan dengan Paving Blok dimana pekerjaannya diharapkan melalui Gotong Royong dari masyarakat sekitar. Kegiatan fisik berupa pembangunan jalan hanyalah sebagai wadah untuk menunjukkan kebersamaan dan persatuan masyarakat, dengan melakukan gotong royong maka masyarakat akan semakin sering berinteraksi dan hubungan emosional semakin terjalin dengan baik,” tuturnya.

Untuk diketahui bahwa kegiatan Dialog Tematik ini berlangsung selama beberapa jam yang juga diakhiri dengan rangkaian sesi tanya jawab atau dialog umpan balik dari masyarakat.

ads

Video

Comment