GenBI Gelar Webinar Bertajuk Kacamata Psikologi Memandang Kondisi Mahasiswa di Tengah Pandemi

ads

Tajukutama.com, Gowa – Generasi Baru Indonesia (GenBI) adakan Webinar melalui deputi Pendidikan dengan mengangkat tema ‘Kacamata Psikologi Memandang Kondisi Mahasiswa di Tengah Pandemi’ sebagai wujud Generasi yang peduli dengan masa seperti saat ini. Minggu, (18/10/2020).

Dalam kegiatan ini menghadirkan Dr. Saprin, M.Pd.I.(Dosen Psikologi dan Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar) Dan Fahri Badina Nur (Ketua Senat Mahasiswa UIN Alauddin Makassar) Yang dihadiri 126 peserta yang hadir dari berbagai universitas yang ada di makassar bahkan masyarakat umum.

“Kali ini, saya mengutip suatu sumber bahwa ada dua persoalan mendasar yang dihadapi perguruan tinggi dalam situasi pandemi covid-19 menurut yaitu persoalan ekonomi yang menyebabkan kekurangmampuan mahasiswa membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) terutama di perguruan tinggi swasta dengan mahasiswa yang mayoritas dari keluarga berekonomi kurang mampu, dan yang kedua persoalan pembelajaran yang harus berlangsung secara online (daring), termasuk penelitian lapangan dan pembimbingan dosen sebagai dampak pemberlakukan social distancing atau physical distancing, dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” tutur Dr. Saprin.

ads

Sementara Fahri mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan survey dengan beberapa mahasiswa dan teman-teman yang mengikuti kuliah daring memiliki kekurangan yang sangat jelas, terlebih lagi dengan berbagai keterbatasan yang ada. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang rela cuti karena tidak sanggup membayar uang kuliah, tidak sanggup mengikuti pembelajaran daring bahkan ada yang tidak mampu membeli beberapa perangkat pendukung untuk mengikuti pembelajaran.

Terkait jalannya kegiatan, Nur Wahyu Ningsih selaku host dalam acara webinar yang berlangsung mengatakan bahwa antusiasme peserta dalam mengikuti webinar ini sangat terlihat.

“Kegiatan ini berjalan dengan cukup lancar, dilihat dari antusias peserta webinar yang berasal dari berbagai Universitas dan Jenjang Pendidikan. Peserta webinar ini kebanyakan berasal dari Mahasiswa Strata 1 Strata 2 bahkan ada yang merupakan guru di salah satu Sekolah Menengah Atas,” pungkas Ningsih.

Selain itu peserta webinar juga sangat semangat memberikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan tema yang di bahas. Kendati demikian, masih ada beberapa hal yang perlu di perbaiki, baik itu dari segi kualitas perangkat maupun komunikasi yang dibangun antar peserta webinar.

ads

Video

Comment