Waspada! Gempa M 5,4 Guncang Provinsi Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

ads

Tajukutama.com, Bengkulu – Guncangan Gempa tektonik dengan Magnitudo (M=) 5,4 kembali menerjang Provinsi Bengkulu, pada Sabtu (17/10/2020), pukul 07.36 WIB. Gempa berlokasi di 3.25 Lintang Selatan (LS) – 100.30 Bujur Timur.

Diketahui bahwa pusat gempa berada di 117 Kilometer (Km) Barat Daya, Kabupaten Mukomuko, 156 km Tenggara Tua Pejat, Sumatera Barat, 159 km Tenggara Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, 226 km Barat Laut Kota Bengkulu. pada kedalaman 10 Km.

Pihak dari PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah menuturkan bahwa gempa M=5,4 merupakan gempa dengan kategori dangkal yang berpusat di Barat Daya, Kabupaten Mukomuko.

ads

”Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Sabar, Sabtu (17/10/2020). Dikutip dari Okezone.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa gempa di Mukomuko merupakan gempa dengan kedalaman dangkal, akibat aktivitas zona subduksi. Di mana hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

“Masyarakat Bengkulu diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya.

ads

Video

Comment