Aplikasi TikTok Semakin Digandrungi Berbagai Kalangan, Bagaimana Dampaknya?

ads

Tajukutama.com, Makassar – Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dimasa kini, semua hal menjadi lebih mudah. Seperti halnya dalam berkomunikasi sekarang ini dengan menggunakan telepon pintar dan internet, membuat manusia lebih gampang dalam melakukan interaksi satu sama lain.

Yang mana terdapat berbagai media yang telah tersedia contohnya media sosial. Dengan terhubung ke internet media sosial dapat digunakan untuk mengekpresikan diri atau menuangkan berbagai ide-ide yang tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Dari berbagai macam media sosial yang digunakan, TikTok merupakan aplikasi yang paling banyak di gandrungi baik itu anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa senang memakai aplikasi tersebut.

ads

Aplikasi ini berasal dari Tiongkok dengan memuat video, musik hingga foto yang dapat memanjakan para penggunanya. Aplikasi ini umumnya sama dengan aplikasi musikal, tetapi banyak diminati karena banyaknya fitur yang digunakan. Seperti filter yang unik, musik, video dan konten-konten menarik lainnya.

Bukti Tiktok yang semakin terkenal yaitu dengan banyaknya artis-artis yang ikut memakainya sebagai media untuk bersenang-senang tidak hanya itu aplikasi Tiktok juga sering digunakan para artis untuk dijadikan ladang bisnis dengan cara mempromosikan suatu barang atau produk baik itu produk mereka sendiri atau milik orang lain.

Tidak hanya itu bahkan pejabat sekalipun kerap menggunakan aplikasi Tiktok. Bukti lain terkenalnya aplikasi ini yaitu bisa di lihat dari play store orang-orang yang mengunduhnya sudah mencapai ratusan juta yang tentunya tersebar di seluruh dunia dengan diikuti rating yang tinggi pula.

Aplikasi di bawah naungan Bytedance juga banyak di unduh di Indonesia bahkan Indonesia sendiri berada di urutan ke empat yang mengunduh dan menggunakan TikTok. Meskipun Indonesia bukan berada di urutan pertama sebagai pengunduh terbanyak tetapi peningkatan penggunaan Tiktok semakin hari semakin meningkat selama pandemi Corona 19.

Hal ini di sebabkan karena di berbagai negara termasuk Indonesia sedang menerapkan lockdown dan physical distancing sehingga TikTok jidikan sebagai aplikasi yang cukup menyenangkan untuk digunakan demi mengusir rasa bosan selama di rumah.

Aplikasi ini dipakai untuk membuat video dengan durasi 15 detik baik itu tentang edukasi, makanan, fashion, atau bahkan kehidupan mereka sehari-harinya. TikTok dijadikan sebagai media sosial yang bebas dalam mengapresiasikan diri. Dengan berbagai konten yang di bagikan oleh sesama pengguna hingga viral. Contohnya Tik Tok latih yang sempat booming hingga keluar negeri.

Dan kemudian banyak di tiru oleh pengguna lain. Selain itu aplikasi Tiktok juga dapat di share di berbagai media lainnya seperi Whatsapp, Instagram dan lain-lain. Hal ini membuat aplikasi Tiktok semakin di sukai.

Selanjutnya TikTok juga bisa dijadikan sebagai sumber uang contohnya mempromosikan suatu barang dengan cara membuat konten semenarik mungkin hingga orang-orang tertarik untuk membelinya. Pada anak-anak aplikasi TikTok digunakan sebagai media untuk bersenang-senang contohnya membuat video lucu ataukah bernyanyi mengikuti musik yang ada pada aplikasi tersebut.

Tiktok dijadikan sebagai media edukasi dengan cara memberikan tips atau informasi mengenai sesuatu yang belum banyak orang ketahui. Aplikasi TikTok juga di jadikan sebagai media untuk menyalurkan bakat seperti bernyanyi atau berlakon.

Sebagai pendukung dari konten yang pengguna buat tiktok menyediakan berbagai macam musik sebagai latar belakang video agar pengguna bisa lebih bebas membuat karya yang lebih menarik lagi. Seperti dance content yang seringkali kita lihat banyak anak-anak, remaja, hingga orang dewasa senang berjoget mengikuti musik yang disuguhkan oleh aplikasi ini.

Selain dari banyaknya dampak positif terhadap aplikasi Tiktok, ada pula dampak negatif yang ditimbulkan misalnya memakai pakaian yang terlalu terbuka agar dikenal banyak orang ataukah melakukan adegan yang kurang pantas untuk dilihat, terjadinya tindakan bully dan pelecehan, munculnya sikap anti sosial disebabkan karena kurangnya interaksi yang dilakukan sebab sudah kecanduan dengan aplikasi Tiktok.

Dampak lain juga muncul yaitu nyawa yang terancam hal ini di karenakan di dalam aplikasi Tiktok berbagai macam tantangan yang banyak menarik minat pengguna untuk ditiru sehingga ada beberapa yang dinilai berbahaya dan dapat membahayakan nyawa seseorang.

Setahun silam sempat dikabarkan Tiktok di blokir oleh negara-negara luar termasuk juga Indonesia sebab Tiktok dikabarkan menyebar luaskan konten-konten yang seksual yang tidak sesuai jika di ingat pengguna Tiktok tidak hanya remaja dan orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Selain itu muncul pula tudingan bahwa Tiktok menjual data-data pribadi user pengguna kepada pemerintah China. Di lansir dari CNN Indonesia Sabtu, 01/08/2020 Presiden Amerika Serikat khawatir jika aplikasi Tiktok sebagai aplikasi yang dibuat untuk memata-matai Amerika Serikat yang dibuat oleh China.

Namun pemerintah China menyanggah tudingan tersebut. Hingga kini isu tersebut masih menjadi kontraversi. Jadi bagaimana menurut kalian apakah apakah aplikasi Tiktok lebih banyak memiliki dampak positif atau negatif ?

Penulis: Syamsinar (Akuntansi UINAM)

ads

Video

Comment