Mengingat Sejarah Jalur Rempah di Indonesia

ads

Tajukutama.com, Makassar – Indonesia penghasil rempah terbesar dan terbaik dunia tidak boleh dilupakan. Kemendikbud Hilman Farid menegaskan program jalur rempah yang saat ini terus digaungkan merupakan salah satu narasi sejarah penting yang selama ini terabaikan.

“Di masa lalu perdagangan rempah memegang peranan sangat penting dalam membangun peradaban dunia,” ujar Dirjen Kebudayaan Hilman Farid, saat dihubungi dari Banda Naira, Pulau Banda Kabupaten Maluku Tengah, (20/9/2020).

Menindaklanjuti hal tersebut, tentu ini menjadi alasan bahwa kita sebagai anak bangsa sudah seharusnya mengingat sejarah. Terlebih jika sejarah jalur rempah ini sampai mendunia, dan perlu dimasukkan dalam mata pelajaran sejarah Indonesia, agar generasi penerus bangsa melek sejarah.

ads

Selain itu, kebutuhan sejarah bagi generasi bangsa tidak dapat ditinggalkan. Karena dengan sejarah mereka akan memahami perjuangan pahlawan untuk kemerdekaan bangsa. Pun ketika darah dan nyawa pahlawan dikorbankan akan menjadi pemantik semangat untuk meneruskan perjuangannya.

Tentu dengan terus menjadi generasi yang bermanfaat, dan memiliki andil untuk memajukan bangsa dapat terus dilakukan. Oleh karenanya menghilangkan sejarah akan menghilangkan pula nilai penghargaan dan kebanggaan terhadap negeri ini.

WalLâhu a’lam bi ash-shawâb.

Nur Rahmawati, S.H.
Sampit, Kalimantan Tengah

ads

Video

Comment