Peduli Ulama Merupakan Kewajiban Umat Islam

ads

Tajukutama.com, Makassar – Para alim ulama adalah pewaris para nabi. Dapat kita bayangkan bukan, bahwa pewaris identik dengan kedekatannya dengan yang mewarisi yaitu nabi. Selain itu, ulama juga dapat dikatakan sebagai pemimpin agama yang bertugas mengayomi dan membina umat Islam.

Memang sudah sepatutnyalah umat Islam untuk melindunginya, bukan menghina apalagi menyakitinya. Banyak kejadian di tanah air kita yang ingin mencelakai para ulama. Di rumah, di masjid, bahkan di saat ulama menyampaikan dakwahnya pun mereka berusaha melukainya. Ironinya setiap ada yang mengancam, melukai, dan menyiksa ulama, selalu mereka divonis orang gila/sakit jiwa. Berharap dengan cara inilah pelaku dapat lolos dari jeratan hukum.

Sungguh, seyogianyalah kita peduli dan ikut melindungi para ulama, begitupun yang harusnya dilakukan oleh pemerintah sebagai institusi negara yang memiliki kekuasaan. Sesuai dengan hadist Rasulullah:

ads
Allah Swt tak mencabut ilmu dengan mencabut ilmu itu dari manusia. Namun Dia mencabut ilmu dengan mewafatkan para ulama” ( HR. al – Buhkari ).

Kendati demikian, kehadiran dan peran ulama bahkan kematian mereka adalah musibah bagi umat. Untuk itu, sekali lagi sebagai umat wajib melindungi dan membela mereka. Tidak memandang ormas atau kelompok. Semoga kita ikhlas dan istiqomah memperjuangkan agama Allah.

WalLâhu a’lam bi ash-shawâb.

Oleh: Yuliani, S.Pd (Praktisi Pendidikan)

ads

Video

Comment