Covid-19 Merenggut Jatah Senior Kampus

ads

Tajukutama.com, Makassar – Diketahui bahwa virus Covid-19 merupakan jenis penyakit yang sangat ganas yang berasal dari Whuhan China dan terdeteksi sekitar akhir 2019 lalu, kini mencengangkan seluruh penjuru dunia, tak tanggung-tanggung saat ini sudah mencapai puluhan juta orang yang positif Covid-19.

Hal ini mengakibatkan sektor ekonomi yang kian merosot, kegiatan social yang kini dibatasi dan juga sangat berdampak di dunia pendidikan dengan penutupan sejumlah kampus, dan dilakukan perkuliahan lewat daring.

Dimasa saat ini, sejumlah kampus sudah menyelesaikan tahap seleksi pendaftaran Mahasiswa baru atau sering dikenal dengan (Maba), ironi yang berbeda harus didapatkan senior kampus kali ini tidak bisanya bertatapan langsung dengan Maba, beda dengan tahun-tahun kemaring, sejumlah senior atau yang biasa disapa Kanda itu dengan berbagai gaya menyambut Maba tersebut didepan gerbang Kampus.

ads

Ada yang dengan kegaraman, ada dengan muka jutek, dan ada dengan polosnya, ops masih adakah senior yang polos ketika menyambut Maba?

Saat moment itu kita bisa melihat gaya sok hebat, senior dengan bumbu-bumbu retorika yang blaga sudah yang sangat tepat dan benar sehingga bisa mengapit juniornya untuk ikut dalam setiap bumbu-bumbu ucapannya.

Dengan gaya demikian yang diperlihatkan senior, menapit sebagian besar Maba tersebut terjerumus dengan retorikanya, pasal-pasal yang sering terlontarkan dari senior dengan bunyi.

‘Pasal satu senior selalu benar, pasal dua jika senior salah maka akan dikembalikan kepada pasal satu’

Pandemi Covid-19 telah merenggutnya, covid-19 menghilangkan budaya membalas yang menjadi kultur sebagian senior di perguruan tinggi. Covid-19 selain membingungkan pemerintah dengan rakyatnya, juga Senior dan juniornya.

Ini menampik senior kampus tidak mendapatkan apa yang biasa dilakukan oleh pendahulunya, memberikan jurus retorikanya, berlaga sok hebatnya, sok kalem, dan semua perintah yang harus dan wajib ditunaikan oleh Maba.

Semoga Covid-19 ini bisa berlalu, sehingga hak-hak di dunia kampus juga bisa segera didapatkan seperti halnya pertemuan secara langsung, melakukan perkuliahan tatap muka langsung, dan berbagai aktivitas kampus yang terkendala akibat Covid-19.

Dengan masih berlanjutnya perkuliahan secara daring, semoga hal ini bisa segera memutus rantai penyebaran covid-19 meskipun hasilnya belum bisa maksimal namun ini salah satu cara yang dilakukan pemerintah agar proses perkuliahan tetap berjalan.

Kanda, Yunda kita sama-sama berdoa agar Covid-19 segera lenyap dalam bumi ini agar aku dan kamu, bisa bercumbu dalam secangkir kopi dengan jurus retorika apik yang selalu terlontarkan

Kalian tipe senior seperti apa…?

Penulis : Pardi
(Kader HMI Cabang Gowa Raya)

ads

Video

Comment