Ingin Jadi Penulis Berkualitas? Nih 5 Hal Penting yang Harus Diketahui, Simak Ulasan Berikut!

ads

Tajukutama.com, Makassar – Penulis merupakan salah satu profesi yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Khususnya bagi mereka yang sedang bekerja diruang lingkup media massa, seperti online, dan cetak.

Bukan hanya itu, banyak dari mahasiswa yang mulai berlomba-lomba ingin mengikuti penulisan dalam media, seperti halnya di redaksi Tajukutama.com sendiri. Banyak dari kalangan mahasiswa yang mendaftar menjadi penulis berita. Pastinya berita yang mampu memberikan tulisan yang mengandung informasi yang bisa mengedukatif publik.

Untuk bisa menjadi seorang penulis di media daring (online) memang bisa memberimu beberapa keuntungan. Selain penghasilan tambahan, kamu juga bisa membagikan ide-idemu yang positif kepada banyak orang.

ads

Namun, untuk bisa menjadi penulis yang sukses, tentu bukan perkara mudah. Kalau kamu berniat menjadi penulis yang berkualitas di media daring, inilah lima hal penting yang harus kamu ingat, yang telah dilansir oleh Tajukutama.com, dari IDNtimes, berikut selengkapnya:

1. Penulis harus suka membaca 

Gambar: Ilustrasi Orang Membaca Buku.

Seseorang yang ingin menjadi penulis harus suka membaca. Itu tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kenapa? Itu karena penulis harus tahu caranya menuangkan gagasan dalam otak ke dalam rangkaian kata-kata. Dari mana kamu bisa belajar hal itu kalau kamu malas membaca tulisan para penulis lain yang lebih berpengalaman.

Nah, dengan kita memperbanyak membaca, pasti kita bisa belajar terkait berbagai jenis tulisan dan tulisan seperti apa yang enak dibaca dan yang tidak. Kamu juga belajar banyak kosakata baru yang bisa kamu gunakan dalam tulisanmu.

Dan tentunya, pengetahuanmu juga akan terus bertambah sehingga kamu bisa mendapat ide tulisan tentang berbagai macam hal.

 

2. Penulis harus kreatif 

Gambar: Ilustrasi Penulis.

Selain membaca, memiliki imaginasi yang tingga serta kreatif itu menjadi penunjang layaknya kita disebut sebagai penulis. Menulis artinya kita mengkreasi alias menciptakan sebuah karya dalam bentuk tulisan.

Dengan begitu, tentu kita harus punya kreativitas yang tinggi untuk menjadi penulis. Butuh kreativitas untuk mencari ide tulisan serta merangkai kata-kata untuk menghasilkan tulisan yang bagus.

Namun, bagaimana kalau kamu merasa bahwa kamu bukan orang yang kreatif? Jangan khawatir karena kreativitas sebenarnya bisa dilatih. Coba biasakan dirimu untuk berpikir outside the box. Ketika melihat suatu topik, cobalah pandang topik tersebut dari berbagai sudut yang gak biasa, bahkan agak nyeleneh.

Biasakan juga dirimu untuk melihat berbagai detail kecil yang mungkin luput dari pengamatan orang lain, contohnya adalah hal-hal kecil yang sering terjadi dalam hubungan asmara, tapi bisa berpengaruh besar dalam hubungan tersebut. Kalau membiasakan diri berpikir dengan cara demikian, pasti kamu bisa menemukan ide-ide kreatif untuk tulisanmu.

3. Penulis harus disiplin dan taat aturan

Gambar: Ilustrasi Penulis.

Selanjutnya, jika kita ingin menjadi penulis independen yang menerbitkan sendiri tulisannya, tentu kita bisa lebih bebas ingin menulis apa pun dan dengan gaya apa pun. Namun, menulis di media daring tentu gak bisa seperti itu. Kamu hanya akan diizinkan menerbitkan tulisan di platform media daring asalkan tulisanmu memenuhi syarat dan ketentuan.

Dan pastinya kita harus rajin membaca, dalam hal ini membaca peraturan menulis di media daring tersebut. Kamu juga harus rendah hati dan mau diatur. Tentu, kalau tulisanmu dianggap melanggar peraturan, kamu harus mau menerima kritik dan menyesuaikan diri supaya tulisanmu jadi lebih baik.

4. Penulis harus mau bekerja keras

Gambar: Ilustrasi Penulis.

Next, membuat satu tulisan mungkin bukan hal yang sulit, namun seseorang tentu gak bisa disebut penulis kalau ia hanya membuat satu atau beberapa tulisan saja. Dari segi finansial pun, kamu mungkin gak akan dapat cukup banyak penghasilan dari tulisan yang jumlahnya sedikit. Makanya, kamu harus mau bekerja keras untuk membuat banyak tulisan.

Namun awas, jangan hanya perhatikan kuantitas karena kualitas juga gak kalah penting. Kalau kamu membuat 10 tulisan tapi hanya 2 yang bagus, kamu bisa dipandang sebagai penulis yang gak berkualitas. Makanya, berusahalah untuk konsisten mempertahankan kualitas tulisanmu. Jangan sampai menurun, malah seharusnya kamu semakin meningkat dari hari ke hari.

 

5. Penulis tidak boleh gampang menyerah 

Gambar: Ilustrasi Penulis.

Yang terakhir yaitu, seorang penulis bisa menerbitkan banyak tulisan yang bermanfaat tentu menjadi cita-cita dari para penulis di media daring. Namun tentu, hal itu gak selalu mudah dicapai. Kadang, tulisan kita bisa ditolak karena dianggap kurang berkualitas atau melanggar peraturan tertentu. Mungkin bukan hanya satu, tapi banyak tulisan yang dianggap gak layak terbit.

Hal seperti itu wajar terjadi, tapi tentu kita gak boleh menyerah. Kalau kamu ingin jadi penulis yang tahan banting, penolakan seperti itu harus disikapi dengan lapang dada. Gak perlu kecewa berlebihan. Cukup cari ide lain dan buat tulisan baru yang lebih baik. Dengan mental pantang menyerah seperti itu, pasti kamu bisa menjadi penulis yang hebat!

Itulah tadi lima hal yang wajib diingat kalau kamu ingin menjadi penulis yang berkualitas. Jadi, gimana nih, sudah siap untuk membuat karya tulisanmu sendiri yang bisa bermanfaat bagi banyak orang?

Selalulah berkarya dalam menghabiskan waktu dihari-harimu. Lakukan yang terbaik dengan selalu mengedukasi publik dan tidak menyebarkan hoax.

ads

Video

Comment