Alumni As’adiyah Gelar Forum Virtual Bertajuk ‘Berkah 10 Muharram’

Forum virtual 10 Muharram Alumni As'adiyah (foto:ist)

Forum virtual 10 Muharram Alumni As'adiyah (foto:ist)

ads

Tajukutama.com, Makassar – Bulan Muharram menjadi bulan pertama dalam kalender Hijriyah yang memiliki keutamaan luar biasa. Masuk hari Asyura dari bahasa Arab yang berarti hari kesepuluh pada bulan Muharram, tepat pada Sabtu (29/8/2020) hari ini.

Di hari momentum istimewa ini, umat Islam dianjurkan melaksanakan banyak amalan-amalan ibadah seperti, puasa Asyura, dan amalan lainya. Tak terkecuali kegiatan-kegiatan keagamaan dalam memperingati 10 Muharram.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Ikatan Almuni dan Keluarga As’adiyah atau disingkat IKAKAS. Organisasi alumni Pondok Pesantren As’adiyah ini memperingati hari 10 Muharram dengan bertajuk ‘Berkah 10 Muharram’.

ads

Forum silaturahmi itu digelar lewat virtual Sabtu malam (29/8/2020) dan dihadiri alumni As’adiyah di seluruh pelosok tanah air. Baik, kalangan ulama, akademisi, pengusaha hingga aktivis mahasiswa. Demikian disampaikan Sekjend IKAKAS, Dr. H. A. Marjuni yang juga Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Anregurutta Dr. KH. Hamzah Harun Al Rasyid, MA.

Pembicara dalam acara 10 Muharram yaitu, Anregurutta Dr. KH. Hamzah Harun Al Rasyid, MA. Dalam pencerahannya, ia menyampaikan tentang strategi nabi Muhammad SAW dalam membina umat.

Disebutkan yaitu, dalam membentuk ideologi penguatan siprtual dalam mempersatukan umat adalah membangun masjid. Selanjutnya, mengatur sistem perekonomian.

“Ideologi merupakan kekuatan spritual dalam mempersatukan umat sehingga perlu ada masjid. Mengatur sistem perekonomian karena iman harus ditopan oleh ekonomi sehingga perlu ada pasar,” papar Ketua Nahdatul Ulama Sulawesi Selatan ini.

Terakhir, melakukan ekspansi dengan cara melakukan pengajaran, pelatihan dan pendampinngan dengan orientasi penguatan keimanan, pemikiran dan keterampilan.

ads

Video

Comment