Ampuh Turunkan Kolestrol? Berikut 8 Khasiat Jahe Sebagai Ramuan Herbal Alami, Yuk Cek Faktanya!

ads

Tajukutama.com, Makassar – Diketahui bahwa tanaman rempah jahe merupakan sebuah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah.

Jahe segar memiliki rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jahe bubuk, kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan juga masih banyak terdapat pada manfaat jahe segar.

Untuk memanfaatkan jahe segar, Anda dapat mencampur jahe dengan masakan seperti masakan olahan seafood, topping salad, dan campuran smoothies atau jus Anda.

ads

Saat kita memilih jahe dalam bentuk bubuk, pastikan kita memilih bubuk jahe yang masih murni. Minuman bubuk jahe yang dijual di pasaran biasanya sudah mengandung tambahan gula. Simpan bubuk jahe dalam wadah tertutup rapat dan disimpan di tempat yang kering, gelap, serta tidak pengap atau panas.

Gambar: Ilustrasi Jahe.

Jahe merupakan rempah-rempah yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Berikut manfaat jahe sebagai obat herbal yang wajib Anda ketahui. Jahe, juga salah satu rempah-rempah yang tidak pernah absen di kotak bumbu dapur sebagian orang. Maklum saja, jahe kerab digunakan sebagai bumbu masakan.

Selain jadi bumbu masak, jahe masuk dalam jajaran tanaman herbal. Jahe dipercaya mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Sekedar info, tanaman jahe cukup banyak ditemui di pekarangan atau kebun. Jahe merupakan tanaman yang berbuah sepanjang tahun. Sedangkan, jahe banyak tersedia di pasar tradisional sampai toko modern.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada jahe membuat rempah jahe inu dipercaya mampu mencegah dan menyembuhkan sejumlah penyakit.

Dari tanaman jahe bagian yang digunakan sebagai obat adalah rimpang alias akarnya. Sebagai obat herbal, jahe tidak melulu dikonsumsi tapi juga digunakan sebagai obat luar (sesuai jenis penyakit).

Nah, kali ini akan dibahas dalam artikel ini terkait apa saja khasiat yang ada pada rempah jahe. Telah dilansir oleh Tajukutama.com dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Gambar: Ilustrasi Gangguan Pencernaan.

Untuk yang pertama, manfaat jahe yakni diketahui mampu mengatasi masalah terkait pencernaan. Dikenal dari generasi ke generasi, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan.

Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan mengkonsumsi rempah jahe.

2. Obat rematik 

Diketahui bahwa ramuan rempah jahe kaya akan minyak asiri yang dipercaya mampu meredakan nyeri sendi. Cara pengobatan rematik dengan jahe cukup mudah. Anda bakar jahe kemudian tumbuk. Anda tempelkan tumbukan jahe yang masih panas di area tubuh yang terasa nyeri.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Mengutip dari Kompas.com, jahe mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Berdasarkan penelitian, ekstrak jahe bisa menghalangi pertumbuhan beberapa strain patogen saluran pernafasan.

4. Mengurangi mual dan muntah 

Gambar: Ilustrasi Mual atau Muntah.

Selain meningkatkan imunitas tubuh, jahe juga mampu mengurangi rasa mual dan muntah. Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi sekitar 1 gram jahe per hari bisa membantu mengurangi mual dan muntah pasca operasi.

Tidak hanya itu, jahe juga mampu mengurangi rasa mual dan muntah yang disebabkan mabuk perjalanan, kemoterapi, dan gangguan pencernaan.

Selain itu manfaat jahe juga dapat meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker. Anda dapat memakan jahe secara mentah atau menjadikanya minuman, jahe dalam bentuk permen juga dapat bekerja dengan baik terutama dalam mengatasi mual yang diderita ibu hamil.

5. Batuk kering 

Jahe mengandung senyawa aktif dan bersifat antiradang. Artinya, jahe bisa jadi obat batuk kering herbal. Adapun cara untuk mengonsumsi jahe sebagai obat batuk cukup mudah. Anda rebus jahe 20-40 gram ke dalam empat gelas air. Anda rebus jahe sampai mendidih kemudian minum selagi hangat.

6. Menurunkan kolestrol 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan jahe mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh. Untuk merasakan manfaat tersebut, penderita kolesterol bisa mengonsumsi wedang jahe tanpa gula.

7. Mengurangi rasa sakit

Gambar: Ilustrasi Cedera Sakit Lutut.

Dalam suatu penelitian yang telah dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%.

Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang dikarenakan oleh menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

8. Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit

Gambar: Detoks Kulit.

Selanjutnya, rempah jahe merupakan salah satu jenis makanan yang disebut diaphoretic, manfaat jahe juga dapat memicu keluarnya keringat.

Pengeluaran keringat bermanfaat bagi Anda terutama saat Anda sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Itulah tadi sekedar pengetahuan dari redaksi kami, semoga artikel bisa bermanfaat bagi para pembaca. Semoga sehat selalu 🙂

ads

Video

Comment