Berikut 7 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata, Simak Ulasannya!

ads

Tajukutama.com, Makassar – Faktanya sangat banyak jenis makanan yang bagus untuk kesehatan mata, paling dikenal yakni sayur wortel. Nah sebenarnya bukan hanya wortel, masih ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata.

Telah kita ketahui bahwa mata merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan penting sebagai indera penglihatan. Dengan demikian menjaga kesehatan mata harus benar-benar menjadi perhatian sedari dini.

Dalam hal menjaga kesehatan mata, akan sangat baik bila kamu rutin mengonsumsi beberapa makanan sehat dengan kandungan vitamin A tinggi demi menunjang indera penglihatan tetap tajam.

ads

Setelah dirangkum oleh Tajukutama.com dari berbagai sumber, berikut rekomendasi makanan untuk menjaga dan melindungi kesehata mata secara alami yang baik apabila rutin dikonsumsi:

1. Wortel

Gambar: Ilustrasi Wortel.

Wortel merupakan salah satu jenis tanaman berwarna orange. Wortel dikenal sebagai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Terlebih, wortel mengandung beta karoten dan vitamin A yang tinggi.

Selain itu beberapa para ilmuwan telah menemukan bahwa mengonsumsi wortel berkontribusi pada meningkatnya kemampuan penglihatan manusia, termasuk pada malam hari.

Untuk risiko kerusakan pada indera penglihatan manusia pun akan terminimalisir jika sering konsumsi wortel, baik dalam keadaan mentah maupun diolah menjadi jus atau dicampur bahan makanan lain. Wortel juga membantu mencegah kerusakan oksidatif dan pembengkakan -dua penyebab utama masalah penglihatan.

2. Ikan Berlemak

Gambar: Ilustrasi Ikan.

Yang kedua yakni Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 di dalam ikan inilah yang membantu mengurangi peradangan dengan menyeimbangkan rasio asam lemak omega-3 dan omega-6.

Ketika tingkat peradangan rendah, fungsi tubuh dan otak akan meningkat, sehingga memperkuat kekebalan tubuh. Ditambah lagi, area dekat retina sarat dengan DHA, sejenis dengan asam lemak omega-3. Oleh karena itu, konsumsi ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Namun jika kamu bukan orang yang gemar makan ikan, kamu bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan setelah berkonsultasi dengan dokter. Sementara itu, cara sehat terbaik untuk mengonsumsi ikan berlemak yaitu dengan memanggangnya. Menggoreng atau merebus ikan akan menurunkan nilai nutrisi di dalamnya.

3. Bayam

Gambar: Ilustrasi Bayam.

Selanjutnya yakni sayuran hijau bayam kaya akan vitamin E, A, B, dan C, mineral (zat besi dan seng, serta fitonutrien (lutein dan zeaxanthin). Karotenoid, lutein dan zeaxanthin, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Dengan demikian, mengkonsumsi bayam dalam jumlah yang cukup setiap hari dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak. Karena mengandung zinc, bayam juga dapat menjaga kesehatan kornea mata.

Lalu untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, silahkan tambahkan seikat bayam hijau ke dalam smoothie. Atau kamu juga boleh menambahkan buah-buahan lain ke dalam smoothie bayam untuk menghilangkan rasa pahitnya.

4. Telur

Gambar: Ilustrasi Telur.

Next, telur dengan kandungan asam amino esensial dan vitamin yang larut dalam air dan lemak. Kuning telur, meski sedikit tinggi kolesterol namun merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik, yang memberikan warna kuning padanya.

Dengan mengonsumsi satu atau dua butir telur utuh rutin untuk menjaga kesehatan mata kamu. Cara konsumsinya yang paling terbaik yaitu dengan direbus.

5. Kacang-kacangan

Gambar: Ilustrasi Kacang-kacangan.

Yang kelima yaitu makanan berjenis kacang-kacangan. Diketahui bahwa kacang merupakan sumber lemak sehat dan vitamin E yang bagus, untuk membantu mengurangi peradangan. Penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi kacang-kacangan kaya vitamin E dapat membantu mencegah pembentukan katarak karena pengaruh usia.

Juga disarankan, konsumsilah segenggam kacang-kacangan setiap hari untuk meningkatkan daya penglihatan mata. Namun, kamu tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan, ya.

6. Biji-bijian

Gambar: Ilustrasi Biji-bijian.

Selanjutnya, Biji-bijian merupakan sumber serat makanan, fitonutrien, vitamin, dan mineral yang baik. Seng dan vitamin E adalah dua nutrisi penunjang kesehatan mata utama yang ada di dalamnya. Ini membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan peradangan.

7. Brokoli

Gambar: Ilustrasi Sayur Brokoli.

Yang terakhir yaitu Brokoli. Brokoli yaitu salah satu jenis sayuran yang mampu digunakan untuk menjaga kesehatan mata secara alami. Sayur brokoli (Pexels/Buenosia Carol) merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mata. Vitamin A, E, C, dan lutein yang ada dalam brokoli menjadikannya makanan yang sangat baik untuk mata kamu.

Sayuran hijau ini berkontribusi melindungi kesehatan mata, mencegah kerusakan oksidatif. Konsumsi brokoli sangat baik bila dipanggang atau direbus.

Itulah tadi beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan mata secara alami, selain wortel, yang sangat baik apabila rutin kamu konsumsi. Risiko kerusakan pada mata pun akan semakin kecil.

ads

Video

Comment