Mahasiswa KKN Unifa Turut Langsung Edukasi Masyarakat Cegah Covid-19

ads

Tajukutama.com, Makassar – Untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata Entrepreneur Pulang Kampung (KKN-E) Mahasiswa dari Universitas Fajar Makassar disebar ke berbagai wilayah yang ada di Daerah Sulawesi Selatan. Hal ini dilakukan demi menghadapi tantangan pelaksanaan Program Kerja (Proker) yang akan direalisasikan ke masyarakat dengan adanya pembatasan sosial.

Diketahui bahwa Kota Makassar yang hingga saat ini masih dinyatakan sebagai pusat (centrum) penyebaran Covid-19. Padahal pihak pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya, baik melalui kebijakan pemerintah dan upaya masyarakat di berbagai elemen.

Namun tak mau ketinggalan, kali ini Mahasiswa KKN Unifa yang bertempat di jalan Daeng Tata, Kel. Parang Tambung Kec. Tamalate, Kota Makassar pun turut mengambil peran dengan upaya yang dianggap efektif dalam pencegahan Covid-19.

ads

“Kami membagi diri di ruang publik seperti pasar dan mengedukasi masyarakat, mulai dari cara penggunaan hand sanitizer dan penggunaan masker,” tutur Nur Rezky yang merupakan Mahasiswa Prodi Teknik Kimia. Senin, (24/8/2020).

Masih kata Rezky, untuk penggunaan masker itu sendiri sebenarnya tidak hanya sebatas menggunakan atau memasang secara tepat. Selain penggunaan yang tepat juga harus diperhatikan dan diingat berapa lama atau berapa jam penggunaannya, untuk masker kain maksimal 4 jam sudah mesti dicuci atau diganti.

Selain itu dia juga menyebutkan terkait upaya pencegahan inipun tidak hanya pada edukasi teknis, tapi juga dalam pembuatan antiseptik.

“Beberapa hari lalu tepatnya di tanggal 16 agustus lalu, kita lakukan produksi hand sanitizer yang kami bagikan ke masyarakat,” pungkas Kiky, sebutan sehari-harinya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Erdin Afida yang mengungkapkan bahwa dirinya bersama 4 rekannya tidak lama lagi akan penarikan, untuk kembali ke kampus.

“Harapan kami setelah penarikan nanti, ada pengetahuan dari kami yang masyarakat bisa terapkan, dan tentunya kami sebagai mahasiswa membawa banyak pelajaran baru dari masyarakat karena tujuan kita terjun ke masyarakat tentunya agar belajar lebih banyak dan lebih dekat terhadap lingkungan sosiak masyarakat,” jelas Erdin salah satu peserta KKN.

Terkait persoalan kesadaran, menurut Erdin itu sebenarnya perlu kita tumbuhkan dan kita rawat bersama dalam personal masing-masing. Disini tidak perlu saling menyalahkan, tapi mari saling mengingatkan dan mengupayakan yang terbaik untuk kepentingan bersama.

ads

Video

Comment