Berikut Daftar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia 2020 Versi Kemendikbud

Kantor-Kemendikbud

Kantor-Kemendikbud

ads

Tajukutama.com, Jakarta – Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) baru saja melakukan pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) terbaik di Indonesia tahun 2020.

Berbeda dengan pemeringkatan perguruan tinggi lain, sistem pemeringkatan kampus di Indonesia didasarkan pada klasterisasi. Dari kelima cluster tersebut, cluster 1 merupakan yang tertinggi.

Di sana dikumpulkan universitas-universitas top yang telah masuk dalam peringkat universitas terbaik. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Asia dan dunia. Khusus untuk cluster 1, ada 15 perguruan tinggi yang masuk paling tinggi.

ads

Jika dilihat dari sinarnya, semuanya merupakan perguruan tinggi negeri (PTN). Sistem pelayanan atau pembobotan untuk menentukan 15 PT mana yang berada di peringkat terbaik, berdasarkan empat indikator.

Pertama adalah indikator input dengan bobot 20% yang meliputi jumlah dosen bergelar doktor, dosen merangkap dosen bergelar guru besar, rasio mahasiswa terhadap dosen dan lain-lain.

Kemudian indikator proses dengan bobot 25% meliputi nilai akreditasi dari BAN-PT, akreditasi program studi, pembelajaran online, kerjasama PT, dan lain-lain. Baca juga: Malang Raya Siap Jalani Kehidupan Normal Baru Selanjutnya ada indikator keluaran dengan bobot 25% yaitu jumlah artikel ilmiah, prestasi penelitian, prestasi mahasiswa dan lain-lain.

Dan indikator terakhir adalah outcome yang memiliki bobot terbesar yaitu 30% yang meliputi kinerja inovasi, jumlah lulusan yang dapat memperoleh pekerjaan dalam waktu enam bulan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten, dan kinerja karyawan. layanan masyarakat.

Nah, dari keempat indikator tersebut, ternyata Institut Pertanian Bogor menempati urutan pertama untuk indikator proses, output dan outcome. Sedangkan untuk indikator masukan, IPB berada di posisi runner up dan juara diraih Universitas Hasanuddin.

Alhasil, IPB menduduki peringkat pertama klaster 1 perguruan tinggi di Indonesia dengan skor 3.648. Posisi kedua ditempati oleh Universitas Indonesia dengan skor yang cukup jauh dari IPB yaitu 3.414.

Indikator UI tercatat berada pada posisi terbaik pada keluaran kedua, hasil ketiga. Posisi ketiga ditempati oleh Universitas Gadjah Mada dengan total skor 3,315.

Lantas, siapa-siapa saja 15 PT yang masuk daftar klaster 1 di Indonesia? Berikut daftarnya:

Daftar Perguruan Tinggi Klaster 1  2020

Perguruan Tinggi                                         Skor
1.Institut Pertanian Bogor                            3,648
2.Universitas Indonesia                               3,414
3.Universitas Gadjah Mada                         3,315
4.Universitas Airlangga                               3,299
5.Institut Teknologi Bandung                       3,275
6.Institut Teknologi Sepuluh Nopember      3,218
7. Universitas Hasanuddin                          3,161
8. Universitas Brawijaya                              3,161
9. Universitas Diponegoro                           3,111
10. Universitas Padjadjaran                        3,007
11.Universitas Sebelas Maret                     2,930
12.Universitas Negeri Yogyakarta               2,908
13.Universitas Andalas                                2,860
14.Universitas Sumatera Utara                    2,792
15.Universitas Negeri Malang                      2,747

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul Kemdikbud rilis 15 perguruan tinggi terbaik Indonesia 2020, siapa saja?

ads

Video

Comment