Gunung Sinabung Status Siaga III, Babinsa Imbau Warga Jangan Masuk ke Zona Merah

ads

Tajukutama.com, KARO – Walapun Gunung Sinabung pada Selasa (18/08/2020) masih berstatus siaga di level III, Babinsa 05/PY Sertu Lrp Sihombing terus melarang dan menghimbau kepada masyarakat agar jangan memasuki ke Zona Merah Gunung Sinabung.

Hal tersebut di katakan Danramil 05/PY Kapten Inf K Ginting melalui Sertu Lrp Sihombing ketika menjaga portal di Sibintun mengatakan, dari satuan tugas gunung Sinabung terus melakukan patroli ke lingkar Gunung Sinabung agar masyarakat jangan masuk ke zona merah kususnya ke arah aliran sungai Lau Borus karena tidak tau dan kapan datangnya lahar dingin dari Puncak sana.

“Jadi sekali kami katakan kepada masyarakat agar jangan memasuki ke zona merah,” ucap Sertu Lrp Sihombing.

ads

Kepala Pusat Vulkanologi Armen Putra mengatakan masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (Surbakti)

ads

Video

Comment