Dalam Masa Pandemi, Pasukan Pengibar Bendera HUT Ke-75 RI di Gowa Dibatasi, Hanya Diikuti 10 Orang

ads

Tajukutama.com, Gowa – Pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-75 Tahun di Kabupaten Gowa tetap dilaksanakan di masa pandemi virus corona atau Covid-19 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (17/8/2020) pagi.

Meskipun upacara dilaksanakan di masa pandemi, namun pelaksanaan upacara HUT RI Ke-75 ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti penggunaan masker, jaga jarak dan dan pembatasan jumlah peserta.

Salah satu yang dilakukan pembatasan yaitu Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang hanya diikuti 10 orang sementara yang bertugas mengibarkan bendera hanya 3 orang dari yang seharusnya 76 orang Paskibraka.

ads

Pengibar bendera dilakukan oleh Aris Munandar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Gowa, Rahmadana Syahruddin dari SMA Negeri 12 Gowa dan Muh Ariel Prasetyo dari SMA Negeri 9 Gowa.

“Pembatasan ini kita lakukan dalam rangka untuk mencegah penularan Covid-19 dan karena adanya edaran dari Menteri Sekretaris Negara dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI untuk melakukan pembatasan pasukan pengibar dan penurunan bendera,” tutur Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa, Fajaruddin.

Kendati begitu tetap ada pembatasan, namun Fajaruddin mengatakan bahwa 76 pasukan pengibar yang sebelumnya lulus seleksi tetap dilakukan sebagai purna Paskibraka Kabupaten Gowa tahun 2020 ini.

“Tanggal 16 kemarin kita sudah kukuhkan sebanyak 76 orang dan tidak menutup kemungkinan yang baru kelas satu atau dua ini masih bisa ikut tahun depan,” tambahnya.

Sementara itu, Ariel Prastyo Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Gowa sebagai salah satu yang terpilih untuk ikut mengibarkan bendera mengaku sangat senang ikut terlibat.

Selain itu, menurut Ariel suatu kebanggaan tersendiri baginya untuk tetap bisa mengibarkan bendera merah putih di HUT RI Ke-75 ini, apalagi ditengah pandemi seperti saat ini.

“Tentu sangat bahagia karena bisa membawa nama sekolah dan mengangkat nama keluarga dan tentunya bisa membanggakan keduanya orang tua,” pungkas Ariel.

ads

Video

Comment