Danrem 023/KS Hadiri Ground Breaking Pembangunan Glamour Camping Kaldera Danau Toba

ads

Tajuk Utama, TOBASA — Danrem 023/KS Kol Inf Tri saktiyono bersama Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni A Widodo S. Sos. menghadiri pelaksanaan  Ground Breaking (Peletakan Batu Pertama) Pembangunan  Glamour Camping Kaldera Toba dan dimulainya pembangunan Infrastruktur kawasan bertempat di Kompleks Kaldera Desa Pardamean Sibisa Kecamatan  Ajibata Kabupaten Tobasa, Senin (14/10/2019)

Dihadiri Menteri Kordinator Kemaritiman Jend (Pur) Luhut B. Panjaitan, Menteri Pariwisata  DR. Arif Yahya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumut Letjen (Pur) Edi Rahmayadi, Danrem 023/KS Kol Inf Tri Saktiyono ( Mewakili Pangdam I BB), Karo Ops Poldasu Kombes Makmur Ginting, Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni A Widodo S. Sos, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Bupati Samosir Ir. Mardin Simbolon, Dirut BPODT  Ari Prsasetyo beserta Staf, Tokoh masyarakat Sumut RE. Nainggolan

Serta Beberapa Investor yang bekerjasama dengan BPODT seperti, PT. Kristal Land Development, PT. Agung, PT. Gamalen Toba Property,  PT. Indah Toba Mas, PT. Heri Tech, Serta Tamu Undangan dari masyarakat Desa Pardamean Sibisa, Desa Motung, Sigapiton jumlah  150 orang.

ads

Menteri Menkomaritim dan Menpar RI tiba di Bandara Sibisa dengan menggunakan Heli jenis Bell dengan Seri PK – BMS No. Lambung H 145.  Selanjutnya melaksanakan coffe break di ruang tunggu Bandara Sibisa menunggu kehadiran Menteri Perhubungan RI dari Bandara KNIA – Sibisa.

Rombongan  Menko Maritim,  Menhub beserta Menpar menuju pembukaan pembangunan jalan sepanjang 1.9 KM sebagai akses menuju Resort Kaldera.

Sambutan Dirut BPODT Ari Prasetiyo menyampaikan  sesuai Pepres No. 49 Tahun 2019 tentang Kaldera Toba salah satu destinasi 5 prioritas di Indonesia dengan luas lahan 386.72 ha, target pembangunan infrastruktur kawasan sudah harus final pada tahun 2020. Ditargetkan pada pembangunan tahap pertama terserap anggaran  sejumlah Rp 2 T yang berasal dari investor.

Gubsu Edi Rahmayadi menyampaikan dengan banyaknya dana yang terserap dalam membangun Kaldera Toba tidak sepantasnya masyarakat selalu protes/keberatan dan   ribut apalagi menolak kemajuan Kaldera ini, syukuri apa yang kita dapat saat ini dan saatnya kita berubah dan maju.

Menhub RI  menyampaikan Kemenhub memiliki andil bagian membangun sebanyak 12 dermaga akan dibangun di kawasan Danau Toba dan menyumbangkan beberapa angkutan darat Bus Damri sbg akses menuju Bandara Silangit dari kabupaten yang minim angkutan,

Pembangunan Bandara Sibisa nantinya memiliki Run Way sepanjang 2.000 m serta ruang tunggu harus di tata ulang standar Internasional.

Sambutan Menpar RI DR. Arif Yahyah menyampaikan bahwa segala akses maupun fasilitas yang ada di koridor Kaldera harus berkelas dunia. Pembangunan Glamorous harus sudah selesai enam bulan kedepan nanti tanggal 20 April 2020 kita akan datang kembali untuk mengecek pembangunan sesuai target.

Menko Maritim menyampaikan Pemerintah tidak pernah merugikan rakyat, kita sungguh-sungguh membangun Danau Toba. Kalau masyarakat Desa Sigapiton merasa dirugikan mari duduk bersama tidak ada permasalahan yang tidak selesai, kita akan membangun rumah di Sigapiton sesuai dengan kearifan lokal yang berbentuk Home Stay.  Semua pembangunan dan  kegiatan di Danau toba berjalan dengan transparan jangan mau dibodoh-bodohi orang lain yang bisa memecah persatuan kita.

Pukul 12.15 Wib peletakan batu pertama Pembangunan Glamorous Camping oleh Menko Maritim yang disaksikan oleh Undangan VVIP sekaligus penanaman 1.000 pohon secara simbolis. (Surbakti)

ads

Video

Comment