Bahas Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan, BPK Harap Pemerintah Tingkatkan Upaya Penindaklanjutan

ads

Tajuk Utama, Makassar – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) membahas tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan pada pemerintah provinsi/ kabupaten se Sulawesi Selatan di Kantor BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan, jalan Andi Pangeran Pettarani, Rabu, 18 September 2019.

Pemantauan atas tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK itu akan digelar selama 3 hari hingga 20 September mendatang.

“Dalam kegiatan ini akan dilaksanakan pembahasan tindak lanjut rekomendasi Hasil pemeriksaan BPK oleh para auditor dari BPK perwakilan Sulawesi Selatan dengan para Inspektur provinsi kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan beserta SKPD terkait,” papar Wahyu Priyono selaku kepala perwakilan Sulsel.

ads

Selain itu, akan dilaksanakan sosialisasi dan pendampingan implementasi SIPTL selama kegiatan pembahasan tidak lanjut hasil pemeriksaan oleh Biro BPK RI.

Hasil pembahasan ini selanjutnya akan menentukan progres dari tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan triwulan III 2019, dan akan ditetapkan status tindak tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan yang meliputi 4 status.”

“Pertama; rekomendasi telah ditindaklanjuti,” ujarnya.

“Kedua; rekomendasi telah ditindaklanjuti namun belum sesuai rekomendasi dan dalam proses tindak lanjut. Ketiga; rekomendasi belum ditindaklanjuti dan keempat; rekomendasi tidak dapat ditindaklanjuti dengan alasan yang sah,” terang Wahyu Priyono.

BPK kemudian mengharapkan pemerintah provinsi/kabupaten/ kota Se Sulawesi Selatan lebih meningkatkan upaya dalam menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK, khususnya tindak lanjut atas rekomendasi-rekomendasi yang mengandung unsur penyetoran ke kas daerah.

Menurutnya, apabila rekomendasi BPK telah selesai ditindaklanjuti, hal tersebut akan berpengaruh terhadap tatakelola keuangan daerah yang semakin membaik. (Agung)

ads

Video

Comment