Babinsa Koramil 05/PY Bantu Petani Bersihkan Lahan Jagung

ads

Tajuk Utama, Karo — Babinsa Koramil 05/Payung Kodim 0205/TK Serda Suryanto bersama dengan pemilik lahan jagung anggota kelompok tani “Tebing Tersia” Ibu Lena Br Bangun  melaksanakan kegiatan pendampingan pembersihan lahan jagung di Desa Batukarang Kecamatan Payung Kabupaten Karo, Senin (2/9/2019).

Kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa semata-mata karena merupakan tugas pokok dan UPSUS pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya.

“Dari mulai tanam sampai berisi buah, bahkan sampai panen selalu mendapat perhatian dari kita dikarenakan apabila terjadi kendala atau hama yang menyerang maka sedini mungkin bisa di atasi sehingga pertumbuhan jagung tidak terhambat yang berdampak pada hasil panen,” ungkapnya.

ads

Sebut Serda Suryanto akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan khususnya jagung akan tercapai, meski sampai saat ini target tersebut belum seratus persen selesai.

Tindakan itu dilakukan bersama para petani sekitar untuk menambah hasil panen yang lebih melimpah.

“Kita keliling ke beberapa lahan jagung di desa ini kita turun dan bantu petani apalagi sekarang banyak hama yang mengganggu tanaman jagung masyarakat. Untuk mengantisipasi terjadinya serangan hama, kita akan lakukan berbagai tindakan dan upaya pengendalian hama dengan menggunakan obat pestisida secara bijaksana, namun kebersihan lahan juga jadi faktor penting,” kata Babinsa.

Sementara Danramil 05/Payung Kapten Arh E Perangin-angin mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Serda Suryanto adalah wujud dari terlaksananya kegiatan Ketahanan pangan nasional yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat, untuk itu kita melaksanakan pendampingan secara terpadu kepada para petani bersama dengan para penyuluh pertanian yang ada di wilayah kita.

“Kita ingin dengan pendampingan yang dilaksanakan oleh Babinsa, semua tanaman jagung petani bisa tumbuh lebih baik, sehingga nantinya mereka mendapatkan hasil yang maksimal,“ ujarnya. (Surbakti)

ads

Video

Comment